NasionalSumatra Utara

Setara Serahkan Kunci Rumah Anak Putus Sekolah

 Medan Media-Abpedsi.com

Masih ingat dengan Cantika Cian Patricia Rajagukguk (18) dengan lima adiknya yang putus sekolah? Kini rumah yang dihuni Cantika bersama adik-adiknya telah selesai direnovasi oleh Seniman dan Budaya Toga Aritonang (SETARA) Kota Medan.

Perwakilan SETARA menyerahkan kunci rumah kepada Cantika, Jumat (25/9). Penyerahan kunci rumah ini sebagai wujud kepedulian sosial SETARA bagi keluarga besar Aritonang. Selain itu, SETARA juga memberikan paket sembako dan kebutuhan perlengkapan rumah tangga. Penyerahan bantuan sembako turut disaksikan pihak Kecamatan Helvetia, Babinkamtibmas Polsek Helvetia dan Babinsa serta masyarakat setempat.

Ketua SETARA Kota Medan Frengki Rajagukguk didampingi pengurus menyampaikan terimakasih atas seluruh simpatisan maupun donatur yang telah membantu terkumpulnya donasi sehingga renovasi rumah Cantika terlaksana dengan baik.

“Terimakasih atas seluruh partisipasi bantuan para donatur. Kami berharap kepedulian bersama untuk saling membantu meringankan beban ditengah pandemi corona,”katanya.

Personel Kribo 61 itu mengungkapkan, sebelumnya rumah yang dihuni Cantik bersama lima adiknya hanya berupa gubuk tepas dan hampir rubuh. Kondisi rumah sedemikian memprihatinkan, tidak layak untuk dihuni. “Tepasnya sudah lapuk. Ditambah lagi bila hujan turun, lantainya tergenang. Makanya kami upayakan penggalangan dana lewat komunitas maupun pribadi untuk meringankan beban keluarga,” jelas Frengki.

Penasihat SETARA, Maha Rajagukguk didampingi pembina Darmendra Rajagukguk mengimbau pihak keluarga untuk tidak menyia-nyiakan semua perjuangan simpatisan dan bantuan para donatur.

“Kami sangat prihatin melihat perjuangan Cantika untuk merawat kelima adiknya. Perannya menggantikan sosok ibunya yang entah dimana rimbanya. Meskipun demikian nasib Cantika bersama adiknya yang putus sekolah akan kami upayakan agar tidak ketinggalan dengan teman sebayanya,” imbuhnya.

Maha berharap, pemerintah memberi perhatian kepada Cantika dan kelima adiknya, agar mereka mendapatkan kesempatan untuk bersekolah dan akses terhadap kesehatan.

Maha Rajagukguk yang juga Kader PSI Deli Serdang ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim dan juga kepada seluruh donasi yang ikut membantu sehingga renovasi rumah bisa terlaksana, semoga Tuhan yang maha kuasa melimpahkan berkat buat kita semua dan di beria kesehatan agar terhindar dari pandemi covid19 ini, tambahnya.

Selanjutnya, tim tiga pilar Kecamatan Helvetia mengatakan, dukungan seluruh elemen masyarakat yang saling peduli terhadap warga kurang mampu menjadi kekuatan. Kepedulian dan saling gotong royong semua elemen masyarakat dapat meringankan beban warga kurang mampu.

“Kami akan upayakan keluarga ini menjadi peserta bantuan sosial. Jadi di tengah pandemi Covid-19, mari kita patuhi imbauan pemerintah tentang protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru (AKB), “kata Lista Limbong mewakili Lurah Cintai Damai Kecamatan Medan Helvetia.

Sementara, Aipda J Simanungkalit didampingi Babinsa Agus mengapresiasi kegiatan sosial SETARA. Kiranya kebersamaan dan sinergitas lintas bersama elemen masyarakat sebagai bentuk kehadiran TNI – Polri.

“Terimakasih perhatian SETARA. Saya selaku personel Polsek Helvetia, dimana tugas dan tanggung jawab saya untuk mengayomi dan melindungi masyarakat. Saya akan pantau perkembangan keluarga ini,”ungkap Aipda J Simanungkalit.

Sebelumnya, Cantika mengungkapkan susahnya hidup dia dan kelima adiknya di tengah pandemi Covid-19. Ia terpaksa bekerja buruh kasar apa saja demi menunjang keberlangsungan hidup mereka. Karena kemiskinan, adik Cantika yakni Patricia Rajagukguk beserta Cindy Meisya Putri Rajagukguk terpaksa harus putus sekolah di tingkat SMP. Menyusul pula adik-adiknya juga berhenti bersekolah lantaram tidak punya biaya. (Sahat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *