72 views

Apresiasi Forkompincam Patimuan Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2020 di Tengah Pandemi

Cilacap-(MA), Tanggal 22 Oktober adalah hari bersejarah bagi santri se Nusantara, karena didalamnya terdapat peristiwa penting perjuangan para santri dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.
Sejarah Hari Santri Nasional bermula dari resolusi jihad yang dicetuskan oleh pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari pada 22 oktober tahun 1945. Resolusi jihad itu bertujuan untuk mencegah kembalinya tentara belanda yang mengatasnamakan NICA ke Surabaya.
Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) digelar setiap tahunnya sebagai bentuk penghormatan bangsa Indonesia terhadap peran santri yang telah ikut berjuang untuk kedaulatan NKRI.

Hari ini (Kamis, 22/10/2020). Mendasari surat Bupati Cilacap Nomor : 003.1 / 06293 / 04 tanggal 20 Oktober 2020 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, Forkompincam Patimuan bersama Kyai pengasuh pondok pesantren, Babinsa Danramil 12 Kedungreja; Mudaim, Kapolsek Patimuan; IPTU Suharna, Ketua MWC NU Patimuan; Amir Mahfud S.Pd.I beserta pengurus, dan Forkompindes Rayon Patimuan di tengah pandemi Covid-19 merayakan dan melaksanakan upacara ‘Hari Santri Nasional’ secara virtual dengan menggunakan media online live streaming melalui channel YouTube Forkompinikab Cilacap.

Kegiatan ini digelar tidak seperti pada tahun sebelumnya, protokol kesehatan juga ditekan dalam Hari Santri Nasional tahun ini demi mencegah penyebaran virus Corona yang hingga kini masih belum berakhir.

Hari santri nasional tahun ini mengangkat tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” dilatarbelakangi virus pandemi covid-19 yang menjadi bencana nasional. Sekaligus memberikan motivasi pada para santri untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Santri juga harus menjadi garda terdepan dalam menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, serta menjaga jarak (3M).

Doa bersama juga digelar secara virtual dengan harapan masyarakat di Indonesia selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dimasa pandemi saat ini.

Fauzan R

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *