591 views

Kasus Dugaan korupsi Kades Sibuea Laguboti Kini Ditangani Jaksa

 

Toba : media-abpedsi.com Akhirnya, kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi Kepala Desa Sibuea, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba kini ditangani Kejaksaan Negeri Balige.

Sebelumnya, banyak pihak yang menyoroti dugaan adanya tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum Kades Sibuea, bahkan beberapa warga desa melaporkan dugaan tersebut ke pihak Inspektorat Kabupaten Balige beberapa waktu lalu.

Menyikapi hal itu, salah seorang pegiat Anti – korupsi di Kabupaten Toba, Haris L, pada hari Kamis (19/05/2022) kepada beberapa media menyebut bahwa mekanisme proses penegakan hukum atas laporan dugaan tindak pidana Korupsi Dana Desa Sibuea, Kecamatan Laguboti tetap berjalan.

Menurut pengakuan Harris saat ditemui di Kantor DPC LSM PAKAR Toba di Desa Lumban Gaol Balige mengakui bahwa pihaknya barusan telah melakukan konfirmasi ke pihak Kejaksaan Negeri Balige atas kasus tersebut.

“Barusan saya mengkomfirmasi Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Toba Samosir yaitu Richard Sembiring, SH di kantor kejaksaan.

Richard mengatakan mekanisme dugaan tindak korupsi Dana Desa Sibuea, Kecamatan Laguboti sedang berjalan dimana kini kita sudah menyampaikan Surat Pemanggilan terhadap dua orang saksi dari pemerintah desa Sibuea,” jelas Harris.

Dalam keterangannya, Haris juga menyebutkan sesuai dengan investigasi pihaknya ke Inspektorat diketahui bahwa LHP Dana Desa Sibuea dan beberapa berkas lainnya sudah diserahkan Inspektorat Kabupaten Toba, kepada Pihak Kejaksaan.

“Hal itu kita ketahui dari Pejabat Inspektorat, bapak Viktor Siagian,” tambah Harris.

Dalam kesempatan itu Harris menyebut bahwa pihaknya akan fokus melakukan pengawasan atas penggunaan dana desa di Wilayah Kabupaten Toba terkhusus di Kecamatan Laguboti.

“Kami juga mengharap masukan dan informasi dari segenap masyarakat agar pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi Dana Desa di kabupaten Toba dapat berjalan baik,” tegasnya.

(Raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.