157 views

Bupati Probolinggo Secara Resmi Buka Porkab

Bupati Probolinggo Buka Porkab Probolinggo 2018
Probolinggo, – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo tahun 2018 yang digelar oleh KONI Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Probolinggo secara resmi dibuka oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE di Alun-alun Kota Kraksaan, Selasa (13/11/2018) sore.

Pembukaan Porkab Probolinggo tahun 2018 ini ditandai dengan pemukulan gong serta pelepasan balon oleh atlet cabang olahraga (cabor) panahan Kabupaten Probolinggo. Hadir dalam pembukaan Porkab tahun 2018 ini perwakilan Forkopimda, Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M Sidik Widjanarko, Kepala OPD dan Camat serta Ketua Cabang Olahraga (cabor) di Kabupaten Probolinggo.

Porkab Probolinggo yang digelar mulai 13 hingga 19 Nopember 2018 ini diikuti oleh 1.238 orang atlet dan 289 orang official perwakilan dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Para atlet ini akan turun dalam 11 cabor diantaranya atletik, renang, catur, bulutangkis, pencak silat, tenis meja, balap sepeda BMX, futsal, bola voli, sepak takraw dan bola basket. Serta mempertandingkan cabor eksebisi yakni cabor taekwondo.

Pembukaan Porkab Probolinggo tahun 2018 ini diawali dengan defile kontingen atlet dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Defile atlet ini diiringi oleh Marching Band Bintang 9. Serta persembahan seni dari Kecamatan Krucil. Dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet dan wasit Porkab Probolinggo.

Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko menyampaikan Porkab Probolinggo adalah ajang seleksi atlet untuk menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke-IV tahun 2019 mendatang di Kota Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik.

“Selain sebagai ajang kompetisi bagi atlet dan tolok ukur hasil pembinaan, Porkab ini juga menjadi wahana membangun kebersamaan dan rasa persaudaraan antar sesama atlet, pelatih dan pelaku olahraga di Kabupaten Probolinggo. Untuk Porprov Jawa Timur tahun 2019 nanti kami menargetkan posisi 12 besar dari peringkat saat Porprov tahun 2015 di Banyuwangi pada peringkat 25 se-Jawa Timur,” katanya.

Menurut Sugeng, KONI atau Komite Olahraga Nasional Indonesia adalah lembaga otoritas keolahragaan di Indonesia yang mempunyai tugas pokok dan fungsi melaksanakan pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi.

“Kami seluruh pengurus KONI di Kabupaten Probolinggo sedang melakukan upaya penataan kembali terkait tata kelola dan pengembangan organisasi olahraga yang ada di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah terus berkomitmen untuk membentuk generasi muda yang tangguh melalui olahraga, baik melalui Porkab Probolinggo maupun Porprov Jawa Timur.

“Saya akan meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo agar kegiatan ekstrakurikuler harus terus digiatkan, khususnya dalam bidang keolahragaan sehingga harapannya para generasi muda mampu menghabiskan tenaga dan waktunya untuk kegiatan yang positif,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri meminta agar para generasi muda tidak berkecil hati karena Pemerintah Daerah akan maksimal memfasilitasi seluruh atlet dari kegiatan positif para pemuda dan calon generasi penerus bangsa.

“Jadikan ajang Porkab ini sebagai pembuktian diri dan cambuk semangat sesuatu yang positif bagi keluarga dan Kabupaten Probolinggo untuk menjadi inspirasi yang positif,” tegasnya.

Bupati Tantri mengharapkan agar panitia Porkab Probolinggo ini dapat dilaksanakan secara profesional dan mampu menghasilkan atlet yang handal dengan memegang teguh sportifitas. “Mudah-mudahan Porkab ini bisa berjalan sportif dan menelurkan atlet untuk selanjutnya bisa mengharumkan nama Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Pembukaan Porkab ini juga dimeriahkan dengan penampilan LKBB Kompasmatura SMAN 1 Kraksaan serta senam artistik performs dari atlet senam dari kawasan Gunung Bromo. Meskipun sempat diguyur hujan, namun pembukaan Porkab Probolinggo tahun 2018 dapat berjalan dengan lancar.

Dalam pembukaan Porkab tahun 2018 ini Bupati Tantri bersama Ketua Umum KONI dan sejumlah Kepala OPD dan Camat ikut berada dibawah guyuran air hujan bersama para atlet Porkab Probolinggo tahun 2018.

Rencananya, penutupan Porkab Probolinggo tahun 2018 akan dilaksanakan pada 21 Nopember 2018 mendatang di halaman Kantor Bupati Probolinggo pada pukul 19.00 WIB. (Pu2t)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *