183 views

Pembangunan Jalan Rabat Beton di Saung Dadi Diduga Asal Jadi

OKU Timur (MA)- Pembangunan jalan rabat beton di desa Saung Dadi, kecamatan Buay pemuka peliung, Oku Timur yang menggunakan dana APBN murni melalui dana desa (DD) termin pertama 20% di duga kuat dalam pekerjaannya asal jadi.

Hasil dari pantauan, Tim LSM (Lembaga swadaya masyarakat) KPK TIPIKOR
di lapangan, dalam pekerjaan jalan rabat beton desa tersebut tidak sesuai dengan juklak dan juknis yang ada.

Joni selaku anggota Tim dari KPK TIPIKOR menjelaskan,” adapun jalan desa yang di kerjakan (Realisasikan) menggunakan anggaran Dana desa bersumber dari pusat (APBN) , saat ini telah di kerjakan oleh PJS (pejabat sementara) dari kecamatan Buay pemuka peliung , di duga tidak sesuai dengan standar RAB yang ada serta petunjuk teknis di duga kuat adanya penyimpangan anggaran.” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga anggota Tim KPK TIPIKOR mendapatkan kejanggalan saat ada di lokasi pembangunan jalan rabat beton , kejanggalan tersebut seperti Batu koral yang di pergunakan untuk bahan baku yaitu koral campur koral jagung , adukan terlihat idak memenuhi standar,” Pekerjaan rabat beton tersebut di tengah badan jalan Terlalu tipis bahkan di tengah badan jalan di timbun dengan tanah terlalu banyak serta tidak memakai plastik hanya di pinggir saja yang memakai plastik cor.”ujarnya Joni .

” Dengan adanya penemuan tersebut, kami selaku alat control sosial dari LSM KPK TIPIKOR meminta kepada pihak terkait dinas Pemberdayaan masyarakat desa (PMD) dan Dinas Inspektorat Oku Timur selaku pengawas dalam pembangunan untuk segera turun kelapangan untuk cros chek perkerjaan rabat beton tersebut ,serta menindaklanjuti temuan kami di lapangan, adanya dugaan indikasi penyimpngan anggaran tentang Dana desa APBN.”harapnya.

Apabila terbukti adanya perbuatan KKN, lanjut Joni. ” kami dari KPK TIPIKOR meminta kepada Dinas terkait untuk di proses secara Hukum yang berlaku sebelum permasalahan ini menjadi persoalan nasional. Yang diduga dilakukan oleh yusmadewi selaku pejabat sementara (PJS )kepala desa saung dadi yang saat di jabat dari kecamatan Buay pemuka peliung.”tegasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *