Nasional

KABAR PROBOLINGGO : Warga Pulau Gili Ketapang Meriahkan Tardisi Petolekoran

 

Probolinggo, MA – Pada Sabtu pagi 1 juni 2019, Dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo nampak begitu ramai. Ini karena warga Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumbersaih, Kabupaten Probolinggo, berbondong-bondong berkunjung Kota Probolinggo.

Selanjutnya, mereka berbelanja keperluan Hari Raya Idul Fitri, saat bulan Ramadan memasuki hari ke 27 atau yang mereka sebut dengan tradisi “Petolekoran”.

Sejak pukul 7 pagi, kapal penyeberangan dari pulau Gili secara bergantian bersandar di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Setiap kapal membawa sekitar 30 sampai 50 warga Pulau Gili.

Sebelum tiba di Pelabuhan Tanjung Tembaga, mereka terlebih dahulu menempuh jalur penyeberangan sekitar 30 menit. Mengarungi lautan dan menahan terjangan ombak itu itu dijalani, di saat mereka sedang menjalankan puasa.

Sesampainya di Dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga, warga Gili disambut puluhan becak serta kendaraan roda tiga. Dengan menggunakan alat transportasi tersebut, warga Gili berkunjung ke pusat perbelanjaan di Kota Probolinggo. Umumnya, mereka berbalanja keperluan lebaran di pertokoan di sepanjang Jalan Dokter Sutomo, hingga ke Pasar Baru.

H. Asin , salah satu warga pulau Gili Ketapang kepada media Abpedsi.com mengatakan,” setiap tahunnya Ia selalu menjalani tradisi Petolekoran dengan membeli baju lebaran. “Saya belanja bersama keluarga. Selain baju, saya juga belanja kebutuhan pokok dan kue lebaran,” kata H. Asin dengan sumringah.

Senada juga disampaikan oleh Lining, warga Gili Ketapang lainnya. Lining mengaku datang ke Kota Probolinggo untuk membeli baju dan aneka kue lebaran. “Saya biasanya belanja di KDS. Setiap hari ke 27 Ramadan, saya dan warga Gili selalu ke Kota untuk belanja kebutuhan lebaran,” ungkapnya.(Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *