165 views

Husler : Kemitraan Kepala Desa Dengan Badan Permusyawaratan Desa Wajib Dibangun

 

LUWU TIMUR, MA – Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara kolektif, maka wajib dibangun kemitraan antara kepala Desa dengan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Demikian ditegaskan HM. Thorig Husler selaku Bupati Luwu Timur pada sambutannya saat mengambil sumpah dan melantik 77 Anggota BPD Masa bakti 2018-2024 dan 686 Anggota BPD Masa bakti 2019-2025 di Gedung Olah Raga (GOR) Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Minggu (02/06/2019).

Husler mengatakan jika BPD adalah mitra kerja Kepala Desa dalam menyukseskan program pembangunan sebagai unsur pemerintahan Desa. Olehnya itu, keduanya harus bisa membangun komunikasi yang harmonis dan bersinergi dalam penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

“Sebagai mitra Pemerintah Desa, BPD juga merupakan salah satu unsur penyelenggara Pemerintahan Desa, sehingga wajib menjalin kerjasama yang baik dengan kepala Desa dalam membangun desanya,” tegas Husler.

Lanjut Husler bahwa BPD mempunyai kewenangan membahas rancangan Peraturan Desa bersama kepala Desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala Desa serta menggali, menampung, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Disatu sisi, Bupati Lutim ini, mengingatkan agar pelaksanaan kewenangan tidak diimplementasikan secara berlebihan tetapi harus berlandaskan pada norma Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

“Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara berdasarkan Perundang-Undangan yang berlaku,” tandas Husler.

Husler pun berharap agar anggota BPD turut mewarnai peningkatan kualitas penyelenggaraan Pemerintah Desa serta mendukung penyelenggaraan Pemerintah daerah dalam mewujudkan visi dan misinya.

Selain melantik dan mengambil sumpah anggota BPD, Bupati juga berkesempatan menyerahkan tropi sekaligus uang pembinaan kepada pemenang lomba desa yang diterima oleh masing-masing kepala Desa pemenang lomba.
(Wid)
Sumber :(kominfo lutim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *