168 views

KABAR PROBOLINGGO : Kwarcab Pramuka Gelar Halal Bihalal

 

Probolinggo, MA – Memanfaatkan momentum suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar halal bihalal di Gedung Satria Guna Kantor Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo di Kecamatan Dringu, Rabu (19/6/2019).

Kegiatan yang diikuti seluruh pengurus mulai dari tingkat cabang hingga ranting se-Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko serta para perintis pramuka di Kabupaten Probolinggo.

Sambil menunggu acara dimulai, para undangan saling bertegur sapa dan bercerita perkembangan pramuka di daerahnya masing-masing. Bahkan ada yang saling tukar pengalamannya selama menjadi pengurus pramuka.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan bahwa kegiatan halal bihalal ini terasa sangat lengkap karena juga dihadiri oleh para perintis pramuka di Kabupaten Probolinggo. Hal ini merupakan kebahagiaan yang sangat membanggakan bagi semua anggota pramuka.

“Mohon maaf yang sebesar-besarnya manakala selama ini dalam bergaul dan mengelola pramuka ini secara sengaja atau tidak mempunyai kealpaan. Kalau menyimak gerakan pramuka selama ini barangkali ada hal-hal yang melenceng mohon dimaklumi. Karena mengelola pramuka ini kadang-kadang ada dinamikanya. Tetapi hal itu saya nikmati sebagai bagian dari kecintaan terhadap gerakan pramuka di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Wakil Bupati Probolinggo ini, untuk tahun 2019 pihaknya tengah berupaya membuat sebuah terobosan dan inovasi bagaimana pramuka ini bisa lebih dicintai oleh masyarakat melalui program Gerakan Pramuka Peduli. Sehingga kegiatannya tidak hanya menyanyi dan tepuk tangan saja, tetapi juga ada kepedulian terhadap lingkungannya.

“Pembinaan mental kepada generasi muda sebagai dasar-dasar membentuk karakter harus terus dilakukan. Selain itu kita ajak supaya pramuka ini ada kepedulian karena itu bagian untuk mendidik anak didik agar lebih peka terhadap lingkungan dan gejala sosial,” terangnya.

Kak Timbul menegaskan melalui program Gerakan Pramuka Peduli ini pihaknya secara prinsip menginginkan agar gerakan pramuka peduli terhadap lingkungan sehingga akan lebih dicintai oleh masyarakat. Dengan demikian, pramuka akan berperan dalam pembangunan di Kabupaten Probolinggo, salah satunya melalui kegiatan bedah rumah.

“Ini tantangan karena anak-anak pramuka senang dengan tantangan. Mari bersama-sama tentunya bergandengan tangan. Karena kalau ada sesuatu kita tanggalkan jabatan kita. Kalau ada sesuatu itu yang harus kita perbuat. Tunaikan kewajibanmu tanpa menghitung-hitung akibatnya,” tegasnya.

Lebih lanjut Kak Timbul menambahkan anggota pramuka sebagai manusia sosial. Karena pada prinsipnya sebagai manusia ada keinginan untuk menolong. “Dengan demikian, maka persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Probolinggo akan menjadi ringan dan kita akan merasa senang. Keikhlasan kita pasti ada balasannya,” pungkasnya.

Kegiatan halal bihalal ini ditandai dengan saling bersalam-salaman antara pengurus cabang dengan para pengurus ranting se-Kabupaten Probolinggo. Kak Timbul bersama para perintis pramuka dan pengurus Kwarcab Pramuka serta para jajaran Saka berada di urutan pertama. Diikuti oleh para pengurus cabang, ranting serta Dewan Kerja Cabang dan Dewan Kerja Ranting se-Kabupaten Probolinggo. (Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *