142 views

KABAR LUMAJANG : Bupati Lumajang Berharap Pengelolaan Sumber Mata Air Harus Maksimal

 

Lumajang, MA – Bupati Thoriqul Haq, M.ML., menegaskan, Pemkab Lumajang akan memaksimalkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber mata air yang ada di Kab. Lumajang. Hal itu, disampaikan bupati saat melaksanakan Kunjungan Kerja di wilayah dan di Kecamatan Ranuyoso, Selasa (25/6/2019).

Wilayah desa yang dikunjungi, selama ini dikenal sebagai kawasan kering dan rawan air di saat musim kemarau tiba, yaitu, meliputi Desa Wonoayu, Desa Wates Wetan, Desa Wates Kulon dan Desa Penawungan.

Kegiatan kunjungan kerja Bupati itu, sengaja dalam rangka mencari solusi kekeringan di wilayah tersebut. Bahkan, ketersediaan air bersih sangat minim sekali.

Bupati Thoriqul Haq, M.ML., mengungkapkan, bahwa beberapa kecamatan di Kab. Lumajang yang rutin mengalami krisis air bersih di saat musim kemarau, diantaranya Kecamatan Ranuyoso, Klakah, Gedungjajang, Randuagung dan Jatiroto.

Secara geografis, daerah tersebut yang jauh dari sumber mata air, berada di wilayah bagian Utara Kab. Lumajamg.

Sebagai bentuk penanganan awal, Bupati memerintahkan tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk mengirim air bersih ke daerah yang mengalami krisis air bersih tersebut mengutamakan armada truck tanki yang sudah tersedia.

Sedangkan untuk program jangka menengah, bupati merencanakan anggaran dari APBD untuk membagi jalur distribusi air dari Ranu Bedali dan Sumber Mrutu.

Bupati menambahkan ke depanya semua sumber mata air, akan kita maksimalkan melalui program ABPD, dengan harapan semua saluran air dapat terairi pungkasnya.

Dari beberapa wilayah yang dikunjungi, Bupati menerima informasi dari masyarakat terkait kebutuhan air bersih, infrastruktur jalan yang masih rusak dan alat komunikasi yang terganggu karena masih belum adanya tower yang berdiri, khususnya di desa penawungan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati menerima dan mencatat semua persoalan yang dihadapi warga masyarakat, yang nantinya akan dijadikan dasar untuk rapat di Kabupaten.

Terkait kebutuhan air bersih, Bupati berharap, PDAM agar mengecek ke sejumlah lokasi yang ada, sehingga tahun ini sudah membuat perencanaan, dan tahun depan bisa dilaksanakan pengerjaan teknis yang berada di Wilayah Kecamatan Ranuyoso. Sehingga kebutuhan air di kawasan itu, segera teratasi dan mencukupi agar tiap harinya masarakat tidak bingung lg.(Djaka)

Jurnalis : Djaka Pratama
Editor : Senopati
Publisher : Redaksi
Copyright @ 2019 Apedsi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *