166 views

KABAR PROBOLINGGO : Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jatim Sosialisikan Gemarikan Ke Ponpes Riyadlus Solihin

Probolinggo Kota, MA – Berbagai upaya dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dalam meningkatkan jumlah konsumsi ikan, salah satunya pagi tadi (02/07) dengan mensosialisasikan Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) bersama dengan ratusan santriwati Pondok Pesantren Riyadlus Solihin Kota Probolinggo.

Kegiatan ini dibuka dan diresmikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekertariat Daerah Pemkot Probolinggo Ahmad Sudianto, sekaligus dihadiri oleh Ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo.

Evy Afiana Sari, Kabid Pengelolaan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Probolinggo dan Ibu-ibu PKK yang turut serta mendukung dalam kampanye Gemarikan.

Salah satu kekuatan dalam membentuk generasi muda yang sehat, cerdas dan kuat, kampanye Gemarikan setahun ini dilakukan di Pondok Pesantren. “Karena kita tahu ikan juga mengandung gizi baik untuk anak-anak kita dan juga sesuai dengan arahan Ibu Gubernur, selama dalam setahun ini kampanye Gemarikan kami lakukan di pondok pesantren,” terangnya.

Setahun ini sudah ada 12 pondok pesantren yang sudah didatangi. “Karena kegiatan sosialisasi ini setiap tahunnya berbeda, di tahun 2017 lalu sasarannya untuk anak Sekolah Dasar, 2018 dilakukan kepada PAUD dan tahun 2019 ini adalah pondok pesantren. Dalam satu tahun ini kami juga sudah mendatangi lima Ponpes diantaranya Ponpes Pamekasan, Lamongan, Kota Pasuruan, Ponorogo dan Kota Probolinggo,” terang Evy.

Sementara itu Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Sudianto, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur atas kepercayaannya menyelenggarakan kegiatan Gemarikan 2019 di Kota Probolinggo.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini menambah sinergi antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam meningkatkan konsumsi makan ikan,” ucapnya.

Dengan kampanye Gemarikan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi dan meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Melalui giat ini harapannya anak-anak juga menggemari dan menyukai makan ikan.

Selain itu Kota Probolinggo juga memiliki potensi perikanan yang besar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Dengan produk-produk olahan hasil perikanan seperti nuget ikan, krupuk ikan, abon ikan, ikan asap yang mempunyai rasa yang enak, gurih dan nikmat harapannya dapat digemari oleh masyarakat.

“Karena ikan ini juga memiliki nilai kandungan gizi yang tinggi dan baik bagi anak-anak untuk masa pertumbuhan,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, dengan diberikannya produk olahan hasil perikanan kepada anak-anak, diharapkan dapat lebih mengenal dan menyukai menu makanan berbahan dasar ikan.(Senopati)

Jurnalis : Mahfudz
Editor : Senopati
Publisher : Redaksi
Copyright @ 2019 Abpedsi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *