Nasional

Desa Pongkeru Luwu Timur Menjadi Pilihan Studi Tiru Oleh Dinkes PPKB Kabupaten Sidrap

 

LUWU TIMUR (MA) – Kampung KB Desa Pongkeru, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, menjadi pilihan tempat Studi Tiru oleh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Jumat (02/08/2019).

Kunjugan 20 orang dari tim kaji tiru ini dipimpin Sitti Aida Fatiyah selaku Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinkes PPKB Sidrap bersama Ketua IPeKB Sidrap, Adi Negara.

Rombongan tersebut disambut langsungsung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kab. Luwu Timur, Rapiuddin Thahir didampingi Camat Malili, Nur Saifullah dan Jamal selaku Kades Pongkeru.

“Tujuan studi banding ini karena Luwu Timur merupakan salah satu kampung KB percontohan di Sulawesi Selatan. Dan ternyata setelah kami lihat langsung dilapangan, memang banyak sekali perubahan setelah menjadi kampung KB, masyarakat terlibat aktif dan saling mendukung,” tutur Sitti Aida.

Sitti pun berharap sekiranya hasil dari studi tiru ini bisa diadopsi di Sidrap dan dapat memberikan ide maupun inspirasi kepada seluruh tim kaji tiru untuk mengembangkan pengelolaan kampung KB di Sidrap nantinya.

Dikesempatan yang sama, Kepala DP2KB Luwu Timur, Rapiuddin Thahir mengatakan bahwa ini adalah suatu kehormatan besar atas kunjungan dari tim Dinkes PPKB Sidrap.

Menurutnya, kalau mau berhasil jangan malu untuk meniru apa yang telah sukses dilakukan oleh orang lain untuk dijadikan inspirasi dan motivasi.

Adapun beberapa model pengelolaan kampung KB Pongkeru yang di tinjau diantaranya rumah data, poktan BKB, BKR, BKL dan UPPKS. Selain itu, rombongan juga meninjau pengelolaan Gudang Alkon di DP2KB dan menyempatkan melihat objek wisata Danau Matano di Sorowako.
(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *