Nasional

KABAR PROBOLINGGO : Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pemkab Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

 

Probolinggo, MA – Sebagai bentuk rasa syukur dan semangat perjuangan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (12/8/2019) pagi dilaksanakan apel pagi bersama bertemakan “Merah Putih” di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo.

Apel “Merah Putih” ini diikuti oleh seluruh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan karyawan/karyawati di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo dengan memegang bendera merah putih dengan berbagai macam ukuran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono yang memimpin apel memegang bendera merah putih berukuran sedang bersama dengan Kepala OPD. Para pejabat ini berada di lantai 2 Balkon Kantor Bupati Probolinggo.

Selain itu, bendera merah putih berukuran sedang juga dibawa oleh 60 orang yang berdiri memanjang di depan peserta apel yang memegang bendera ukuran kecil. Serta bendera merah putih raksasa berukuran 25 x 6 meter yang dibawa oleh 60 orang. Sekaligus 8 bendera ukuran sedang dengan tiang tinggi yang dibawakan oleh para pejabat eselon III.

Dalam kesempatan tersebut, dikumandangkan lagu Hari Merdeka dan Syukur. Saat itulah semua bendera dikibarkan baik ukuran raksasa maupun ukuran sedang dan kecil. Semua peserta apel terlihat khidmat menyanyikan lagu Hari Merdeka dan Syukur sambil mengibarkan benderanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono mengungkapkan kegiatan apel merah putih ini sengaja digelar dalam rangka mengingatkan kita kembali kepada para pejuang yang telah gugur mendahului kita. Kepada seluruh nenek moyang kita yang telah berjuang dengan gigihnya untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Para pejuang telah berjuang untuk mempertahankan bangsa kita demi meraih kemerdekaan. Kewajiban kita sekarang adalah mengisi dari kemerdekaan itu dengan berbagai kegiatan untuk kepentingan seluruh masyarakat di Kabupaten Probolinggo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” katanya.

Menurut Sekda Soeparwiyono, saat ini kita harus memiliki semangat patriotisme dan semangat juang untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai macam kegiatan baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Kegiatan ini tentunya sangat positif sekali. Oleh karena itu, mari kita isi kemerdekaan ini senyampang ada waktu untuk persiapan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2019, termasuk dengan nuansa merah putih,” jelasnya.

Sekda Soeparwiyono menerangkan, selain apel merah putih ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo juga akan melakukan pengibaran merah putih raksasa di Kali Pedati Kecamatan Krucil pada 15 Agustus 2019 mendatang. Kegiatan ini menunjukkan semangat juang dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Terima kasih kepada seluruh karyawan/karyawati yang tetap semangat untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Kalau kita ingat pada 74 tahun lalu, betapa gigihnya pejuang dalam berjuang sampai titik darah penghabisan. Sekarang kita tinggal mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.(Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *