1.062 views

KABAR PROBOLINGGO : Produksi Gula Aren Desa Betek Taman Tembus Hingga Jawa-Bali

Probolinggo, MA – Desa Betek Taman merupakan salah satu desa sentra Industri Kecil Menangah yang memproduksi gula aren di Provinsi Jawa Tumur. Desa Betek Taman terletak di Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo Desa ini merupakan desa sentra pengahasil gula Aren/Nira di wilayah kabupaten Probolinggo.

Kehidupan masyarakat di Desa Betek Taman ditopang oleh aktivitas pertanian. Komoditi unggulan dari desa ini berupa jagung, padi dan gula aren. Hampir semua masyarakatnya merupakan penghasil kedua komoditi tersebut.

Kades Betek Taman H. Mahfud kepada media Abpedsi.com mengatakan,’Lahan pohon aren di wilayah desa betek taman kurang lebih 275 hektar dan desa betek taman ini merupakan sentara pengahsil gula aren yang terbesar di wilayah kabupaten probolinggo,”ungkap H. Mahfud Saat di temui Di Balai Desa Betek Taman Rabu, (14/8/19).

Jadi mulai di perdeskan pada tahun 2015 pemasaran Bumdes sudah masuk hingga bali dan surabaya akan tetapi kendala utama adalah alat memasak, tapi masyarakat sempat dapat alat bantu dari DPMD Kabupaten probolinggo akan tetapi alat itu masih pakai gas Elpiji sedangkan masyarakat kesulitan Gas Elpiji untuk membelinya, hingga sampai saat ini masyarakat kembali memakai alat tradisional lagi yaitu kayu bakar, nah disitu kendala utamanya,”tutur H. Mahfudz

permintaan gula aren ke Desa Betek Taman ini sangat luar biasa dari kalangan jawa timur dan Bali akan tetapi masyarakat sulit untuk memakai gas elpiji, saya sebaga Kades Betek Taman akan mencarikan solusi untuk masyarakat desa betek taman ini agar produksi gula aren tersebut lancar produksinya, dan bisa memenuhi permintaan dari Bali maupun permintaan dari wilayah dari jawa timur,”pungkas H. Mahfudz. (Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.