198 views

Pemkot Gelar Sosialisasi Perda PAUD

Lampung (MA)- Pemerintah Kota Metro,Lampung gelar sosialisasi peraturan Walikota Metro nomor 30 tahun 2019 tentang pedoman peyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) holistik integratif pada satuan pendidikan di Hotel IDeA Metro Pusat dan dibuka langsung oleh Asisten I Ridwan, Senin (30/09/2019)
Berdesarkan Keterangan Kepala Bidang Pembinaan Paud Drs. Irwan MM, peserta sosialisasi ini diikuti oleh 100 peserta terdiri dari Dinas Instansi Terkait, Camat, Lurah, Kapolsek, Bunda PAUD dan guru-guru PAUD se-Kota Metro, pengawas TK dan SD, Dewan Pendidikan Kota Metro serta dihadirkan narasumber dari Direktorat Jendral PAUD.
Sosialisasi ini dalam rangka mengembangakan potensi kecerdasan, kebugaran dan kreatifitas melalui Perwali No 30. dengan mewujudkan generasi sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia di Kota Metro.
Dalam sambutannya Asisten I Ridwan menyampaikan pentingnya PAUD bagi anak-anak, ” PAUD itu guna menyiapkan mentalitas anak untuk masuk kependidikan sekolah dasar (SD) dan sebagai jembatan untuk mengembangkan kecerdasan, kebugaran dan kreatifitas anak serta dapat menurunkan angka putus sekolah,” Ucapnya.
Lanjutnya Ridwan mengatakan, Metro merupakan Kota pendidikan dan kosentrasinya lebih ke pendidikan oleh karena itu kita berharap dengan penduduk yang tidak banyak kita dapat menduduki renking pertama dalam hal pengelolan PAUD dan dapat mengelola PAUD dengan semaksimal mungkin.
“untuk suksesnya pengelolaan PAUD ini diharapkan bapak ibu yang menghadiri sosialisasi ini dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan menggali informasi yang lebih tentang bagaimana mengelola anak-anak usia PAUD ini,” Harapnya.
Pada sambutannya Ridwan juga berpesan kepada peserta sosialisasi untuk menindak lanjuti dan menerapaan Perwali ini di masing masing tempat, berdomisili dan bertugas khususnya di Kota Metro.
Sentandar pelayanan minimal mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar merupakan urusan pemerintah, wajib dan berkah diperoleh setiap warga negara minimal anak yang memasuki usia 5 tahun harus masuk PAUD dan anak yang memasuki 7 tahun harus sekolah. Kepala Dinas pendidikan Kota Metro Ir. Ria Andari, M.Pd. mengatakan “untuk pengelolaan pendidikan anak usia dini pemerintah harus menyiapkan minimal buku gambar dan satu set pensil warna,” Ucapnya.
Lanjutnya Ria mengatakan bahwa holistik integratif pada satuan pendidikan PAUD sangatlah penting, bagaimana pendidikan ini menjadi terintegrasi, pendidikan saat ini bukan hanya milik pendidikan saja tetapi menjadi milik kita semua saling senergi antara kesehatan, Kementrian Agama, pemberdayaan perempuan dan anak, kepolisian, camat bunda PAUD semua tidak menjadi keterbatasan untuk mendidik anak usia dini.
Direktorat Jendral PAUD Khoiruloh, M. Si menyampaikan materi tentang kebijakan Direktorat pembinaan Paud mengatakan ” untuk mengelola dan mengembangkan anak usia PAUD, harus ada keterlibatan yang baik mengenai kesehatan, nutrisi/gizi, perlindungan dan edukasi,” ucapnya
Khoiruloh berharap materi yang disampaikan dapat menjadi bekal peserta sosialisasi sebagai pedoman peyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) holistik integratif.(rls/del).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *