188 views

Madu Toba dan Berbagai Macam Produk UKM Turut Ramaikan Turnamen Gateball di Tobasa

Tobasa, Balige : Sejak digelarnya Turnamen Gateball pada hari Selasa (29/10) hingga pada hari keempat yakni Jumat (01/11/2019) berbagai macam produk Usaha Kecil Menengah (UKM) turut ramaikan Turnamen Gateball Babak Kualifikasi PON – XX dan Kejurnas Gateball – IV di Toba Samosir (Tobasa) tepatnya di lokasi Kompleks Kantor Bupati Tobasa, Balige.

UKM tersebut memamerkan dan menjual berbagai macam produk makanan ringan diantaranya, keciput andaliman, emping jagung, pilus andaliman, rempeyek teri andaliman, kacang telur andaliman, sasagun rasa andaliman, keripik andaliman, keripik pisang, kacang garing Hinalang, sasagun, tipa tipa, roti bawang, dan ditambah berbagai macam souvernir.

Jerni Kartika Manurung salah seorang pemilik usaha kecil menengah asal Siantar Narumonda IV, Desa Lumban Nabolon, juga sebagai mitra binaan PT. Inalum yang sudah memasarkan madu Toba ke berbagai daerah selama dua (2) tahun lebih. Dirinya turut memamerkan produk madu hutan/ madu Toba, dengan harga terjangkau yang menurutnya dihasilkan dari lebah liar berasal dari daerah Borbor, Tobasa.

“Madu Toba sengaja saya pamerkan dan dijual supaya ada oleh oleh khas dari Tobasa bagi atlet maupun pengunjung. Bukan hanya madu saja yang saya jual, juga kue kering yang kita produksi sendiri berbahan pemanis bukan dari gula, namun pemanisnya dari bahan madu Toba,” terang Jerni Kartika Manurung.

Selain Jerni Kartika, Ibu M boru Panjaitan asal Balige turut pamerkan dan jual hasil usahanya berupa ulos, sortali (ikat kepala), selendang, topi, baju, kain sarung, dan lainnya yang hampir semuanya berbahan dan bercorak kain Ulos Batak. Ditambah souvernir berbagai bentuk yang diukir dan terbuat dari kayu maupun bambu, berupa miniatur rumah adat Batak, gantungan kunci, patung dan lainnya.

“Saya pribadi sangat senang atas kegiatan positif seperti ini apalagi melibatkan banyak orang. Mulai hari pertama hingga saat ini, penjualan saya sudah lumayan banyak dan berharap nantinya saat berakhirnya turnamen, makin ramai dan jualan akan semakin banyak laku. Terimakasih pada panitia terlebih Pemkab Tobasa, hingga saat ini tetap mendukung UKM seperti kami ini,” ucap Ibu boru Panjaitan dengan senang.
(Raju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *