252 views

KELOMPOK MADA DIA Resmi Dikukuhkan

Sumba Barat Daya (MA)- pengukuhan kelompok sanggar tari MADA DIA digelar 4 november 2019. dalam pengukuhan kelompok sebagai ketua dan anggota mempersiapkan Beberapa bulan yang lalu, dan kemudianmenghadap Kepala Desa Raba Ege, untuk melakukan pengukuhan pada tanggal 4 November 2019.
Agustinus sebagai ketua. Dalam pembentukan beberapa kelompok ini, mempunyai tujuan, yang pertama  untuk mensejahterakan masyarakat di dalam kelompok ini dan di dalam desa ini sendiri, jika sudah didanai oleh Pemerintah Desa maupun kabupaten dan yang kedua membentuk masyarakat untuk mempertahankan seni budaya sesuai visi misi Bapak Bupati Kornelis Kodi Mete.
tentang Desa pariwisata dan juga dari beberapa kelompok ini terutama untuk membantu masyarakat  yang pengangguran dalam desa ini tersebut,  sehingga saya dengan begitu berjuang melakukan kerjasama dengan masyarakat atau anggota dalam kelompok-kelompok ini.
Dari sekian hari untuk membuka lapangan kerja bagi mereka dan ketika menyepakati itu sehingga kami bersama-sama menghadap bapak Kepala Desa Raba Ege, untuk segera mengukukannya dan dalam pengukuan kelompok ini.
” Kami inginkan kehadiran Bapak Bupati. Untuk mejadi saksi  sehingga kami segera  menghubungi bapak Bupati. Dr. Kornelis Kodi Mete. juga mau, dan siap menjadi saksi dalam pengukuan kelompok oleh kepala desa. dan kami selenggarakan acara pengukuhan itu pada tanggal 4 November 2019. yang dimulai pada jam 12 siang.”ujar salah satu anggota.
Surlena juga mengatakan, dari pihak pemerintah  yang hadir menyaksikan pengukuan ini yakni Camat wewewa barat, bersama staf. dan dari Pemkab Bapak bupati dan Bapak Wakil bupati. Sumba Barat Daya,  hadir bersama beberapa stafnya untuk menyaksikan pengukuan kelompok tersebut. Dan dari pemerintah Desa yang hadir, kepala desa Raba Ege.dan sekretarisnya bersama beberapa aparatur desa lainnya.
dilakukan pengukuan oleh Kepala Desa langsung disaksikan oleh Bapak Bupati Dan Wakil Bupati. sehingga ketika diusulkan oleh Kepala Desa tentang bantuan itu kepada  kelompok-kelompok kami tersebut. Bapak Bupati siap dan setuju untuk mendanai  membangun desa wisata.
Makanya kami hadirkan Bapak Bupati Dan sekaligus sebagai saksi dalam pengukuan kelompok Ini. Kepala Desa Raba Ege, membacakan berita acara pengukuan kelompok.
pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya Kecamatan wewewa barat Desa Raba Ege. berita acara pengukuhan pada hari ini Senin tanggal 4 November 2019 saya atas nama Samuel Ngongo Lede. dengan rahmat Tuhan yang maha kuasa dan disaksikan oleh Bupati Sumba Barat Daya  dengan resmi saya  mengukukan  SANGGAR TARI. MADA DIA.kelompok tenun kelompok perbengkelan dan kelompok mebel Mada Dia di desa Raba Ege.Kecamatan wewewa Barat, Sanggar Tari maupun kelompok kelompok tersebut berhak mendapatkan dana pemberdayaan dari Dana Desa sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku dalam anggaran pendapatan dan belanja desa atau bantuan lainnya. dari kabupaten atas rekomendasi kepala desa yang ditandai dengan pemukulan Gong tiga kali oleh Kepala Desa.
Dalam kata sambutan Bapak  Bupati tentang 7 jembatan emas, visi misinya mengatakan secara tegas bahwa kita harus bersyukur, ada masyarakat yang mampu untuk mengelola kelompok-kelompok seperti ini untuk mensejahterakan masyarakat dan memberikan pekerjaan bagi penganggur di desa ini. Kelompok ini harus  di danai pemerintah.kelompok ini sungguh sungguh bertolak dari masyarakat dan bukan hanya diinginkan oleh pihak pemerintah justru masyarakat  sendiri memahami dan mendukung  visi misi Bapak bupati tentang Desa Wisata,Dll.
Bupati juga menegaskan bahwa ini harus didanai oleh Kepala Desa Dari anggaran DD paling rendah 30 juta Perkelompok dan itu tidak boleh di diturunkan kalu bisa lebih dari 30 juta. Karena dana tersebut sangat kecil bagi kelompok tersebut.  Bapak bupati juga langsung menanyakan kepala desa untuk setuju program ini Dan kepala desa mengiakan, tentang pernyataan Bupati ini.
 Bupati sangat setuju adanya kelompok ini yang bertujuan untuk membangun lahan kerja bagi mereka yang berminat baik di perbengkelan dan maupun di sanggar tari untuk menambah ilmu dan pengetahuan mereka serta menambah keberhasilan mereka dan tidak nganggur saja di rumah.
Agustinus Suru Lena. selaku ketua sanggar tari Mada Dia Kalau saya sendiri sangat mendukung visi misi bapak bupati, khususnya  Desa Wisata.
Setelah santap bersama Bapak Camat Wewewa Barat  menegaskan  bahwa saya akan periksa Dulu Rab Desa yang diajukan oleh Kepala Desa  dan jika di Rab tersebut tidak ada bantuan untuk kelompok kelompok ini, maka saya akan kembalikan.
(Naldi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *