230 views

DAK Kota Metro 2019 Gagal Salur

Lampung (MA) – Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebesar Rp 1,2 Milyar gagal disalurkan untuk SIKM (Industry Kecil Menengah) menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Metro,Lampung untuk 2020 mendatang.
Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro M Nasir AT, dari catatan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Lampung, yang salah satunya mengenai gagalnya salur DAK.(7/11/2019).
Dirinya mengatakan bahwa program untuk SIKM tahun 2019 tersebut tetap berjalan meskipun tidak menggunakan DAK, namun dibebankan ke APBD tahun 2019 Pemkot Metro untuk pengerjaannya.
“Itu penyebabnya karena diantara rekanan melakukan sanggah sampai dengan  sanggah banding sehingga melebihi batas waktu yang di tentukan oleh sistem, itukan di upload disistem kontrak palang lambat 21 Juli 2019,”ungkapnya.
Kegitan tersebut dijelaskannya merupakan kegiatan tahun 2019, “Itu kegiatan tahun ini bukan kemarin, Karena melebihan jadwal tidak di bebankan ke DAK dan dibebankan ke APBD tapi tetap jalan pengerjaannya,”terangnya.
Nasir pun akan memberi perhatian kedepan terkait pengelolahan DAK, agar tidak kembali menjadi beban APBD karena tentu akan merugikan,”Untung sedikit, kalau banyak kan repot juga,”ucapnya.
“Itu jadi perhatian kita buat kekedepan tapi memang masalahnya ada ketentuan bahwa rekanan kalau gak puas bisa sanggah. Kalau  sanggah tingkat pertama gak puas ada sanggah banding keputusannya apa itu yang baru dilakukan, sehingga molor,”terangnya.
Lalu program apakah yang dibuat dari untuk SIKM,”Itu program rumah produksi, apa ya saya lupa, kayak rumah pande besi, tali yang jelas itu tetap jalan kok,”ujarnya. (del).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *