198 views

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW “KASDAM I/BB : MEWUJUDKAN PRAJURIT DAN PNS TNI AD PROFESIONAL KEBANGGAAN RAKYAT

Medan (Media Abpedsi. com)

Mewujudkan prajurit dan PNS TNI AD profesional kebanggaan rakyat yang tertuang dalam sambutannya Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah yang dibacakan Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Untung Budiharto, pada acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M, pada Senin 11 November 2019 di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya Pangdam I/BB yang dibacakan Kasdam I/BB meyampaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan merupakan momen yang sangat tepat untuk mengkaji ulang sisi kehidupan Rasulullah Muhammad SAW, tidak saja beliau sebagai seorang nabi pembawa risalah keagamaan, akan tetapi juga pada aspek kemanusiaan sebagai misi Rahmatan Lil’alamin. Keberhasilan beliau membangun dimensi spiritual yang didasari oleh nilai-nilai keagamaan, sinergi dengan membangun nilai-nilai kemanusiaan ternyata sangat efektif menempatkan beliau sebagai tokoh yang menjadi suri tauladan bagi umat manusia.

Oleh karena itu, saya mengingatkan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, hendaknya tidak sebatas kegiatan rutinitas saja, tetapi hendaknya dijadikan sebagai wahana untuk pencerahan yang dapat menumbuhkan motivasi bagi peningkatan kualitas diri, untuk mendukung pelaksanaan tugas. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam moral, berakhlak dan bertingkah laku. Barang siapa yang mencintai Rasulullah, maka laksanakanlah sunah-sunah rasul. Berarti harus mengetahui akhlak Rasul, yaitu Al Qur’an.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan dengan memahami hikmah Maulid Nabi, kita mencontoh kehidupan rasulullah dalam menghadapi segala tugas dan persoalan hidup, agar dalam diri kita timbul kekuatan mental, keteguhan iman, ucapan yang berbobot, perbuatan yang tulus dan sikap yang berwibawa dalam upaya meningkatkan kinerja serta profesionalisme untuk menghadapi tugas yang semakin berat. Sebagaimana tema peringatan, Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini yaitu : ” Dengan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M kita implementasikan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan prajurit dan PNS TNI AD profesional kebanggaan rakyat ”. Tema tersebut sesuai dengan karakter dan sifat nabi muhammad saw, diantaranya: shiddiq (benar), amanah (bisa dipercaya), fathonah (cerdas) dan tablig (menyampaikan). Selanjutnya Kasdam I/BB menyampaikan sebagai pribadi maupun selaku Pangdam I/BB, mengucapkan terima kasih kepada Al Ustadz Abdil Muhadir Ritonga, S.Pd.I atas kesediaannya menyampaikan uraian hikmah Maulid Nabi Muhammad Rasulullah SAW 1441 H/2019 M

Dalam tausiyahnya Al Ustadz Abdil Muhadir Ritonga, S.Pd.I menjelaskan secara panjang lebar perjalanan Rasul Muhammad SAW, baik sebagai Kepala Negara dan Kepala Keluarga dengan penuh keteladanan. Ustad juga memberikan motivasi keluarga besar Kodam I/BB agar senantiasa menerapkan perilaku Nabi Muhammad SAW yang militan, loyal, profesional dan manunggal dengan rakyat. peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW ini merupakan momentum penting bagi umat Islam untuk mengenang perjuangan Nabi untuk umat dan meneladani sifat sifatnya. Rasulullah mampu mengubah kaum di zamannya menjadi masyarakat yang memiliki semangat juang tinggi. Perubahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad tersebut menyentuh manusianya yaitu akidah, cara berpikir, dan perilaku masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB, Irdam I/BB, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, Pa LO TNI AU dan TNI AL, para Kabalakdam I/BB, Prajurit dan PNS Kodam I/BB serta Persit KCK PD I/BB.

Jurnalis : Sahat
Sumber : Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *