Nasional

Hama Padi Dibasmi, Babinsa Koramil 01/Medang Deras Dampingi Petani Semprot

 

Batu Bara (Media Abpedsi.com)

Babinsa Koramil 01/Medang Deras jajaran Kodim 0208/Asahan Koptu A.Seketang turun langsung kesawah mendampingi Poktan Jaya menyemprot hama padi di areal sawah seluas 18 rante milik Bapak S. Situmorang yang terletak di di Desa Durian Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Selasa (26/11/2019)
.
Dalam hal ini, Danramil 01/Medang Deras Kapten Inf A. Zebua mengungkapkan, tanaman padi merupakan komoditas utama di Indonesia. Dalam perawatan tanaman padi membutuhkan teknik–teknik dan strategi khusus, terlebih ketika tanaman padi mulai diserang hama dan penyakit. Untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar.

Rumput liar ataupun gulma yang tumbuh di sekeliling tanaman padi akan menjadi hambatan bagi kesuburan tanaman, sehingga diperlukan penyemprotan agar pertumbuhan tanaman tidak terhambat. Jika pertumbuhan padi terhambat, maka hasil panen juga otomatis tidak maksimal. Menyemprot tanaman padi juga tidak boleh asal asalan, tetapi ada teknik dan aturan-aturannya. Teknik menyemprot tanaman padi yang benar dan sempurna harus sesuai dengan usia padi. Selain itu, kita juga harus memperhatikan juga waktu penyemprotan padi.

Teknik penyemprotan adalah salah satu kegiatan dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi. Penyemprotan sekilas tampak mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, tetapi karena bahan–bahan penyemprotan membutuhkan banyak campuran yang terkadang mengandung racun, maka tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Sementara itu, Koptu A.Seketang mengungkapkan, waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka. Agar cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan. Hama yang menyerang tanaman padi akan dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman. Waktu yang tepat dan disarankan untuk melakukan penyemprotan adalah pada pagi hari pukul 09.00 Wib dan sore jam 15.30 Wib, saat mulut daun terbuka.

Jurnalis : Sahat
Sumber : Penrem 022/PT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *