NasionalSumatra Utara

Begini Cara Babinsa Koramil 01/MD Lakukan Upsus Ketahanan Pangan

Batu Bara, (MA)–Perawatan tanaman padi merupakan fase yang harus dilalui oleh petani dalam satu masa tanam. Perawatan tanaman ini bertujuan agar padi dapat tumbuh maksimal dan terhindar dari serangan hama atau penyakit. Babinsa Koramil 01/Medang Deras kodim 0208/Asahan Serda Abd. Razak melaksanakan kegiatan Pendampingan membantu petani Penyemprotan hama padi di lahan bapak Usman luas 11 rante, poktan Karya Tani kapoktan Boiman di Desa Durian Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Senin (02/12/2019).

Guna mendukung pencapaian swasembada pangan tersebut, para Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0208/Asahan terus mengintensifkan pendampingan sebagai upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan di wilayah binaan. Di lahan seluas 11 rante yang ditanami jenis padi varietas IR-64 berumur 45 hari, penyemprotan insektisida Spontan 400sl dilakukan menggunakan satu unit handsprayer.

Menurut Serda Abd. Razak, penggunaan insektisida Spontan ini dilakukan untuk mengendalikan hama penggerek batang padi yang di kalangan petani dikenal hama sundep. Selain itu insektisida jenis ini (spontan, -red) dapat dilakukan untuk membasmi hama ulat daun. “Dalam pendampingan ini tentunya para Babinsa selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Petugas Balai Penyuluh Pertanian (BPP), PPL dan Poktan setempat sehingga apabila terdapat kendala dapat diatasi dengan segera. Dan diharapkan dengan adanya solusi yang tepat dan cepat maka petani tidak dirugikan,” tandasnya.

 

Jurnalis :Sahat
Sumber :Penrem 022/PT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *