NasionalSumatra UtaraUncategorized

Pemdes Lumbanpea Timur Gelar Pelatihan, Demi Meningkatkan Kapasitas dan Tupoksi Kepdes, Perangkat Desa Serta BPD

Tobasa, (MA)–Tambunan : Pemerintah desa Lumban pea timur kecamatan Balige, Kabupaten Tobasamosir (Tobasa) menggelar pelatihan bagi aparatur pemerintah desa setempat selama dua hari, yakni pada hari Senin (02/12/2019) hingga hari Selasa (03/12/2019). Pelatihan diadakan di kantor desa Lumbanpea timur.

Pelatihan resmi dibuka oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Balige, Tolopan Hutagaol. Dalam kata sambutannya Tolopan mengatakan setiap perangkat desa, harus sudah mapan akan tugas dan tanggung jawab serta fungsinya dalam menjalankan roda pemerintahan desa, bersama dengan Kepala desa.

Begitu juga Pemdes dengan mitranya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai ‘parlemen’ nya desa diharapkan kerjasamanya untuk membangun desa Lumbanpea Timur menuju desa yang kuat, maju, demokratis, mapan dan mandiri. Sehingga dapat menciptakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan desa menuju masyarakat yang adil, sejahtera dan makmur.

“Kecamatan Balige mendukung kegiatan pelatihan yang dilakukan desa ini (Lumbanpea Timur) harap setiap peserta aktif dalam hal bertanya untuk menambah ilmu dan wawasannya akan tupoksinya sebagai perangkat desa dan BPD selama pelatihan ini,” ucap Sekcam Balige.

Faber Tambunan selaku kepala desa Lumbanpea Timur mengatakan tujuan pelatihan dilaksanakan adalah, untuk meningkatkan kapasitas dan tugas pokok serta fungsi aparatur pemerintah desa. Faber Tambunan menjelaskan bahwa sebanyak tujuh belas (17) Orang peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Terdiri dari satu Orang kepala desa, sebelas Orang perangkat desa, ditambah lima Orang BPD.

Menurut Faber Tambunan, pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari dana desa tahun anggaran 2019 yang mana kegiatan pelatihan peningkatan aparatur pemerintahan desa berpedoman dari UU No. 6 tahun 2014 tentang desa.

“Saya mengharapkan dan meminta supaya seluruh perangkat desa beserta BPD memberikan hati dan pikiran untuk menyerap arti dan tujuan yang disampaikan oleh narasumber yang kita undang,” ucap Faber Tambunan.

Usai penyampaian kata pembukaan dan sambutan, dilanjutkan pemaparan dan penyampaian materi pembahasan dari berbagai narasumber, diantaranya dari Dinas PMDP – PA Kabupaten Tobasa, Inspektorat Tobasa, Kejaksaan Negeri Tobasa. Polres Tobasa, DPRD Tobasa, Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Tobasa, Kecamatan Balige.

(Dahlan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *