MedanNasionalSumatra Utara

“Latihan pemantapan raider” Pangdam I/BB : Tingkatkan kemampuannya sebagai prajurit dengan kualifikasi raider

Binjai, (MA)– Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah Mengatakan Meningkatkan kemampuannya sebagai prajurit dengan kualifikasi raider pada upacara Pembukaan Latihan Pemantapan Raider Yonif Raider 100/ Prajurit Setia TA. 2019, di Lapangan Upacara Mako Yonif Raider 100/PS Jalan Namu Sira-sira Langkat Kamis, 5/12/2019.

Dalam amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan ucapkan selamat berlatih kepada para pelaku latihan, yakin para pelaku latihan telah menyiapkan diri dengan baik, sehingga mampu menyelesaikan latihan dengan penuh rasa tanggung jawab. Latihan Pemantapan Raider Yoinf Raider 100/PS ini, juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana memupuk rasa kebersamaan dan jiwa korsa, serta membangun kepercayaan diri para prajurit, dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara.


Kodam I/BB selaku kompartemen strategis mempunyai tugas pokok untuk menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah, serta melindungi segenap lapisan masyarakat dari segala bentuk ancaman dan gangguan, yang dapat mempengaruhi stabilitas keamanan di wilayah. Latihan pemantapan raider, khususnya bagi satuan raider sangat mutlak diperlukan, agar memiliki kemampuan dan kesiapsiagaan yang baik di dalam melaksanakan tugas pokoknya, ujar pangdam I/BB

Selanjut Pangdam I/BB menyampaikan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki oleh prajurit Yonif Raider 100/PS, maka Kodam I/BB perlu menyelenggarakan latihan pemantapan raider. Latihan ini dengan metode drill tempur yang meliputi serbuan ruangan, mobud, infiltrasi dan exfiltrasi, ralasuntai, raid pembebasan tawanan, dan raid penghancuran. Pangdam I/BB harapkan latihan pemantapan raider Yonif Raider 100/PS yang berlangsung selama enam hari, ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga para pelaku latihan dapat meningkatkan kemampuannya sebagai prajurit dengan kualifikasi raider. Latihan pemantapan raider kali ini mengangkat tema “Yonif Raider 100/PS melaksanakan latihan pemantapan raider guna meningkatkan dan memelihara kemampuan serta profesionalisme prajurit dalam pelaksanaan tugas operasi yang bersifat khusus dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam I/BB”. Tema tersebut memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan peran prajurit raider, sebagai upaya untuk mewujudkan sumber daya prajurit yang profesional.

Diakhir amanat Pangdam I/BB menyampaikan beberapa atensi untuk dipedomani dalam pelaksanakan latihan, sebagai berikut : Pelihara keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dan etika dalam setiap langkah dan tindakan. Laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab serta senantiasa memperhatikan faktor keamanan, guna menghindari kerugian personel dan materiil. Hindari perusakan terhadap hak milik masyarakat yang dijadikan daerah latihan dengan tetap berpegang teguh kepada Delapan Wajib TNI. Kepada penyelenggara dan pelatih, laksanakan latihan ini secara profesional dan proporsional, sesuai dengan tantangan tugas yang akan dihadapi.

Hadir dalam acara tersebut Pangdam I/BB, Kasdam I/BB, Irdam I/BB, Danrindam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, Asrendam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB dan Para Danyon BS wilayah Medan.

Jurnalis : Sahat
Sumber : Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *