NasionalSumba Barat Daya

Kegiatan LOUCHING INA KABOLA INTERNET AMAN KREATIF BERBOBOT DAN BERHASIL GUNA

SUMBA BARAT DAYA, (MA)–Sambutan Bapak Kepala Sekolah St Alfonsus. Naja Savereinus. Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa pengasih dan penyayang yang boleh memberikan kehidupan baru hari baru kepada kita hari ini kita boleh berkumpul bersama di tempat ini untuk mengikuti dan menyaksikan peristiwa gembira yakni launching internet INA KABOLA.

Pelaksanaan launching internet INA KABOLA di lembaga pendidikan khususnya pada dua sekolah swasta SMA Katolik ST alfonsus dan SMP Katolik ST Aloysius sangat memberikan arti tersendiri bagi kami dan tentunya sangat berguna bagi lembaga kami ke depan, karena merupakan sekolah pengguna internet perdana sumbangan Pemda Kabupaten Sumba Barat Daya.

Melalui dinas kominfo yang diresmikan oleh Bapak Bupati Sumba Barat Daya tahun perdana masa kepemimpinan periode 2019-2024.

Suguhan atraksi tadi adalah hasil kemasan ekstrakurikuler yang berjalan di SMA Katolik ST alfonsus dan SMP Katolik ST Aloysius, alat musik tradisional dari drumband.

Hadirin yang saya muliakan seperti kita ketahui bersama pada abad 21 ini kita masuk era baru yaitu era global era pasar bebas serta era digitalisasi era digitalisasi ditandai dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi iptek.

Dengan kita mengenal dunia bagaikan mimpi bahwa kita sedang berada dalam dunia maya jika kita mau supaya ada perubahan kita dituntut harus menguasai, perubahan pun akan terjadi jika ada niat dan pengembangan kompetensi yang didukung dengan integritas kepribadian manfaat it dalam bidang pendidikan sangat besar terlebih pada anak usia sekolah dari SD sampai PT.

Karena siswa bisa berkomunikasi jarak jauh dengan teman orang tua dan dengan siapa saja lewat Video Call, Facebook, SMS, WhatsApp, Instagram, telegram, dan lain-lain.

Lewat aplikasi yang ada kita dipermudah dengan memesan apa saja lewat aplikasi online yang ada contohnya go-jek online shopping lainnya.

Siswa bisa mengakses berbagai aplikasi untuk menambah wawasan tidak menunggu perintah siswa kreatif produktif dan inovatif,
siswa dapat terbiasa menggunakan aplikasi online lebih muda belajar dan mampu bersaing dengan teman-teman sekolah lain dalam daerah luar daerah dalam negeri maupun luar negeri, dalam proses belajar di kelas siswa dan guru tidak perlu membawa buku paket atau sumber, tetapi cukup membawa hp Android tinggal buka aplikasi materi.

Tidak menutup kemungkinan belajar di luar tidak terikat di kelas Merdeka belajar Kerja sambil belajar belajar sambil kerja lewat email, siswa terbiasa dengan online tidak canggung menghadapi UNBK tes masuk PT atau tes CPNS atau tes apapun untuk kebutuhan mereka sendiri, bahkan karena kemampuan menguasai aplikasi online bisa jual pulsa, busana, memperkenalkan produk-produk unggul lokal.

SMA Katolik ST alfonsus dan SMP Katolik ST Aloysius sudah lama berada di Bukit Sunyi berada pada satu payung Yayasan yakni YAPNUSDA.

SMP Katolik ST Aloysius berada di bukit Sunyi pada tahun 1978 menyusul SPG alfonsus tahun 1987 kemudian alih fungsi ke SMA tahun 1991, sudah lama rindu ingin memiliki wi-fi internet sendiri karena sudah ada beberapa sekolah tetangga memiliki wifi Nusantara beli sendiri dan sudah mulai UNBK sejak 4 tahun lalu.

SMAS, ST Thomas. sekolah kami belum sanggup karena dana tidak cukup hanya menunggu dan berjuang Terus kapan ada aluran tangan.sabar itu penting pasti ada jalan,(ujarnya)kepala sekolah ST alfonsus.

Lanjut Naja, Oktober tahun 2018 bertepatan dengan launching sekolah literasi perdana SMA ST alfonsus dibuka oleh bapak wakil bupati Drs, Dara Tanggu Kaha. harapan janji dari dinas kominfo kabupaten Sumba Barat Daya akan dibantu wi-fi Telkomsel satu titik, namun masih terkendala karena jarak dengan SMA Tomas terlalu dekat UN tahun 2019 SMA ST alfonsus selenggarakan UNBK kelas XII dengan menggunakan modem ada keinginan dari SMPK ST Aloysius untuk UNBK setelah SMA ST alfonsus, namun tetap terkendala kekurangan komputer dan jaringan internet selalu terganggu macet kami sangat berterima kasih dengan adanya internet INA KABOLA, UN tahun 2020 SMPK ST Aloysius juga akan jalankan UNBK mengikuti SMA ST alfonsus karena selama ini kami ada kerjasama meminjam komputer dan saat uji coba tanggal 6 Desember 2019.

Dua Internet yang ada di SMA ST alfonsus pada awalnya sangat bagus, tetapi pada saat siswa istirahat mulai menurun jaringan tidak cukup Karena setelah kami jaring pemilik HP Android guru dan siswa siswi sejumlah 483 buah.

Laboratorium komputer belum aktif pada saat itu kalau boleh satu titik internet INA KABOLA tetap berada di sisi supaya tetap menjadi dua titik jaringan, kami juga yakin dengan kekuatan 2 titik internet INA KABOLA yang ada di sekolah tidak menutup kemungkinan berbagai kegiatan Bimtek dari dinas badan Pemda Sumba Barat Daya.

Bisa sewa Aula kami selama ini sudah terjadi kerjasama dan tentunya akan lebih banyak lagi ke depan ini harapan-harapan kami ke depan akhirnya kami ucapkan terima kasih.

Kepada Bapak Bupati Sumba Barat Daya yang telah siap hadir membuka acara penggunaan internet innaka bola sebagai perdana pengguna internet di Sumba Barat Daya Bapak Ibu Anggota DPRD Sumba Barat Daya Bapak PLT Kadis kominfo Sumba Barat Daya dan Dinas badan terkait kepada statistik yang hari ini juga akan sosialisasi kepada guru-guru dan siswa siswi uji coba data statistik.

Ibu Ester sudah bersama-sama merancang kegiatan ini bapak ibu guru dan staf serta siswa-siswi dari kedua sekolah ini yang turut hadir memeriahkan acara ini Serta kerjasamanya saya ucap kan limpah terimah kasih.

Naldi Lero

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *