NasionalSumatra Utara

Pangdam I/BB Pimpin Upacara Militer Penyambutan Jenazah Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar

Kualanamu,MA – Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah memimpin langsung upacara militer penyambutan jenazah Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar di Terminal Cargo KNIA (Kuala Namu International Airport) di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Kamis malam (19/12/2019) pukul 23.00 Wib.

Almarhum merupakan Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Gakum TNI bersama Polri dan gugur pada Selasa 17 Desember 2019 saat kontak tembak dengan kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di daerah Sugapa, Intan Jaya, Papua, tiba di KNIA dengan pesawat Garuda Indonesia GA-196.

Upacara militer penyambutan anak kedua dari pasangan Aiptu Rukur Sidabutar
yang bertugas di Polres Dairi dan ibu bernama Elizabeth Christina br Siahaan
itu diikuti oleh pejabat TNI dan Polri wilayah Sumatera Utara.

Di antaranya, Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin Siregar, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Untung Budiharto, Wakapoldasu, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Kabindasu, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, PJU Kodam I /BB dan Kabidprovap Poldasu.

Dalam upacara militer ini, Pangdam I/BB bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Selesai upacara, pukul 23.40 Wib, jenazah Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar diberangkatkan dengan Ambulance Kodim 0201/BS menuju Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Kepada media, Pangdam menjelaskan, berdasarkan permintaan pihak keluarga, jenazah almarhum akan dikebumikan di kampung halamannya di Sidikalang usai Salat Jumat hari ini.

Pangdam menegaskan, pihaknya bersama seluruh jajaran TNI-Polri, merasa sangat berduka atas musibah yang terjadi kepada Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar.

“Kita semua turut berduka. Beliau adalah Prajurit Terbaik. Kita semua, sebagai senior dan sebagai sesama prajurit memberikan rasa bangga dan hormat kepada almarhum. Karena almarhum telah benar-benar memberikan pengabdian terbaiknya kepada bangsa dan negara,” jelas Pangdam.

“Pengabdian dan semangat almarhum semasa hidupnya, sangat diharapkan bisa terbawa kepada semua prajurit yang ada, dan kepada pihak keluarga, kami bermohon kepada Tuhan YME agar diberikan kekuatan, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini,” tambah Mayjen Fadhilah.

Di bagian akhir, Mayjen Fadhilah menerangkan, atas jasa dan pengabdian terbaiknya, maka TNI AD memberikan kenaikkan pangkat setingkat lebih tinggi kepada almarhum, dari Lettu Inf menjadi Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar.
Jurnalis:Sahat
Sumber: Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *