NasionalSumatra Utara

Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Tobasamosir Tahun 2019, Berlangsung Hikmat Serta Dihadiri Ribuan Orang

Tobasa, Balige,MA- Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Tahun 2019 berlangsung hikmat serta dihadiri ribuan jemaat (Orang) dari berbagai denominasi gereja dan berbagai elemen masyarakat Tobasa. Perayaan Natal Oikumene dilangsungkan di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, pada hari Minggu (29/12/2019). Thema yang diangkat pada perayaan ini, dikutip dari nats Alkitab Yohannes 15:14+15 yang berbunyi “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang,” ditambah dengan sub thema “Kelahiran Yesus Kristus mempersatukan kita dalam persaudaraan untuk meningkatkan SDM unggul demi memajukan wisata Danau Toba yang lebih ramah, bersih dan bersahabat menuju masyarakat Tobasamosir sejahtera.”

Sebelum ibadah Natal dimulai, sekitar pukul 15:00 Wib dilaksanakan pawai dimulai dari Bundaran Kota Balige Jln. D.I. Panjaitan, menuju lokasi acara Natal yakni Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige. Pawai dipimpin oleh Bupati Tobasa, diikuti para peserta dengan diiringi marching band SD Mutiara Balige, serta suara menggemuruh musik tiup yang dibawakan Group Musik Sangkakala Tobasa.

Usai pawai, dengan diiringi lantunan lagu Natal Uli na i (O Holy Night) Pengkhotbah Pdt. Dr. Bonar Napitupulu, Bupati Tobasa Darwin Siagian didampingi Wakil Bupati Hulman Sitorus bersama Ketua DPRD, Efendi Napitupulu, Kajari Tobasa Robinson Sitorus, mewakili Kapolres Tobasa Kabag OPS, Kompol Efendy Sinaga, Sekda Tobasa Audi Murphy, tokoh masyarakat Sabam Simanjuntak, Dan Ramil Balige P. Pardede serta undangan lainnya, didaulat untuk menyalakan lilin sebagai simbol terang di dunia dalam damai Natal.

Ditengah acara perayaan Natal Oikumene, terlihat Vionita Sihombing, pemenang juara satu (1) The Voice Indonesia, dengan suara indah dan merdu menyumbangkan lagu pujian dengan judul “O Holy Night” membuat suasana semakin hikmat.

Pdt. DR. Bonar Napitupulu (Emeritus Ephorus HKBP) sebelum khotbahnya terlebih dulu mengucapakan ” Selamat Natal” bagi seluruh yang hadir. Dalam kotbahnya yang diambil dari firman Tuhan yang tertulis di Yohannes 15: 14-15. Pdt. DR. Bonar Napitulu mengatakan supaya semua umat Kristen bersaudara dan bersahabat dengan semua orang, sebab itu adalah perintah Tuhan Yesus. Kasihilah setiap umat manusia, seperti hubungan antara Orangtua dengan anaknya. “Pemerintah Kabupaten Tobasa harus bersaudara dan bersahabat dengan seluruh masyarakatnya, dan sebaliknya masyarakatpun harus bersaudara dan bersahabat dengan Pemerintah, sehingga dapat terwujud program Tobasa hebat, menuju masyarakat Tobasa adil, makmur, sejahtera,” pesan Pdt. DR. Bonar Napitupulu.

Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian dalam sambutannya mengatakan, perayaan Natal agar dijadikan sebagai makna untuk semakin membuka hati, sehingga firman Tuhan Yesus dapat tumbuh dan berbuah di hati semuanya. Dengan demikian menurutnya, umat Kristiani akan menjadi saksi saksi firman yang hidup. Sebagai pengikut Yesus Sang Juru Selamat, umat Kristiani harus bersikap dan memiliki perilaku yang menghadirkan kerajaan dan kemulian Tuhan dalam kehidupan bermasyarakat. “Makna Natal yang kita rayakan hari ini yaitu damai sejahtera yang mempersatukan kita dalam persaudaraan demi mewujudkan masyarakat Tobasa yang adil, makmur, sejahtera, penuh keakraban,” kata Bupati. Diingatkannya juga, agar perayaan Natal jangan hanya dijadikan sebagai tradisi semata, sebab Natal disamping sebagai peringatan kelahiran Tuhan Yesus, dapat dijadikan sebagai wujud syukur atas penyertaan Tuhan bagi masyarakat Tobasa khususnya dan seluruh umat manusia umumnya.

Selain penyampaian khotbah dan kata kata sambutan, terlihat perayaan Natal diisi dengan pembacaan ayat Alkitab (liturgi) dalam berbagai bahasa etnik yang ada dan tinggal di Kabupaten Tobasa, koor pujian, kidung pujian, doa pujian, tarian pujian untuk kemuliaan Allah.

Ketua panitia Natal juga sebagai Sekda Kab. Tobasa Audhi Murphy mengatakan terimakasihnya pada semua pihak atas terlaksananya dengan sukses acara Natal Oikumene. Audhi Murphy menerangkan untuk mendukung terlaksananya Natal sumber dana yang dipergunakan, merupakan bersumber dari dana APBD. Ditambah dukungan dana dari para donatur seperti PT. Toba Pulp Lestari, Tbk, PT Inalum, para pengusaha yang ada di Kabupaten Tobasa, pimpinan BUMD dan BUMN yang ada di Tobasa. “Kami (panitia) mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya perayaan Natal Oikumene ini, terlebih kepada PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. Semoga kerjasama yang dibina saat ini dapat berkelanjutan. Dan akhir kata kami ucapkan selamat Natal dan selamat menyongsong tahun baru 2020 bagi kita semua,” ucap Audi Murphy.

Usai ibadah Natal, perayaan Natal turut dihibur penampilan artis-arti lokal dan ibukota, makan bersama, serta dimeriahkan dengan penampilan Vionita Sihombing pemenang juara satu (1) The Voice Indonesia. Pemkab Tobasa turut memberikan tali kasih kepada para Gembala Jemaat Gereja yang turut hadir saat perayaan Natal. Menurut ketua panitia Natal dana tali kasih yang disampaikan kepada Gembala Jemaat Gereja, merupakan dana yang bersumber atas kerjasama Pemkab Tobasa dengan Pihak PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. Dilanjutkan pemberian hadiah berupa uang kontan kepada tiap Kecamatan,pemenang lomba hias pohon Natal dan rumah mini bernuansa Natal. Ditambah undian (lucky draw) yang disediakan panitia bagi jemaat maupun warga yang beruntung, sebagai hadiah tambahan Natal. (Raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *