NasionalSumatra Utara

Hotel Bintang Empat, Labersa Toba Hotel Hadir Di Toba

Toba, Balige (MA)

Sebagai wujud kepeduliannya akan kampung halaman (Bona pasogit) pengusaha sukses St. Harangan. W. Hutahaean berhasil menghadirkan hotel bintang empat yakni Labersa Toba Hotel & Convention Center dan Toba Fantasi, yang berada di Kecamatan Balige tepatnya di Desa Sibolahotang Sas dan Desa Saribu raja Janjimaria. Soft Launching Labersa Toba Hotel pada hari Sabtu (29/02/2020) dimulai sekitar pukul 09:30 Wib hingga usai.

Darwin Siagian selaku Bupati Toba didaulat sebagai orang pertama resmi membuka pintu utama Labersa Toba Hotel, setelah pengusaha St. Harangan. W. Hutahaean memberikan kunci hotel kepada Bupati, disaksikan ribuan orang yang hadir.

Usai pembukaan pintu utama hotel, dilanjutkan ibadah secara Kristen yang dibawakan Pdt. Saut H. Sirait. M.Th. Pendeta membawakan khotbahnya dari isi Alkitab yang tertulis di Pengkhotbah pasal 9 ayat 11. “Upaya kerja keras dan disertai berdoa akan bertemu akhir yang memuaskan dan menyenangkan, seperti halnya perwujudan Labersa Toba Hotel ini,” ucap Pdt. Saut H. Sirait. Math.

Bupati mengatakan, adanya pembangunan hotel yang ada di Kabupaten Toba ini salah satu percepatan perkembangan perekonomian, oleh sebab itu hotel & Convention Center dan Toba Fantasi ini merupakan suatu terobosan yang sangat baik dilakukan oleh pihak pengusaha, yakni St. H.W. Hutahaean. “Hadirnya Labersa Toba Hotel & Convention Center dan Toba Fantasi yang berdiri di Kabupaten Toba ini bisa menjadi dan mendongkrak penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak, serta peningkatan ekonomi masyarakat sekitar dan Toba umumnya,” kata Bupati.

Bupati berharap kepada masyarakat Toba agar menjaga dan mendukung investasi yang telah ditanamkan oleh pengusaha St. H.W. Hutahaean. Hadirnya hotel ini, salah satu berkat membantu dalam ketersediaan tenaga kerja khususnya putra putri Toba. Pembangunan hotel ini juga meningkatkan citra Kabupaten Toba yang layak untuk disinggahi.

Dalam kata sambutannya St. Harangan Hutahaean mengucapkan selamat datang bagi ribuan undangan yang hadir. Hadirnya hotel tersebut merupakan keinginannya untuk mewujudkan program Marsipature hutanabe (Martabe) dan terinspirasi akan lagu Batak berjudul ‘arga do Bona ni pinasa’. “Saya berharap bagi perantau Batak yang sudah sukses di Tanah perantauan, agar ingat kampung halamannya kembali sebagai tanah kelahirannya untuk membangun perekonomian, kesehatan, pendidikan, menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera,” himbau St. Harangan Hutahaean.

Disela acara, saat dikonfirmasi Ronald Rajagukguk, sebagai Corporate General Manajer F & B PT. Labersa Hutahaean – Hospitality, menerangkan bahwa Labersa Toba Hotel bintang empat bertaraf Internasional, dilengkapi fasilitas yakni menyediakan 152 kamar dari berbagai tipe, Ballroom bisa menampung sekitar 1000 orang, restoran, tiga unit Meeting room, swimming fol, fitnes center, karaoke, coffe shop, dan lainnya. Hotel juga memiliki fasilitas pendukung yaikni water park yang dilengkapi wahana yang terbaru, berada dibelakang hotel. Pembangunan dari awal hingga usai ada sekitar satu tahun lebih, membutuhkan investasi sekitar 400 miliar rupiah.

Usai penyampaian kata sambutan, ditengah acara undangan disuguhkan dengan berbagai makanan dan minuman. Dilanjutkan acara pemberian ulos sebagai wujud penghargaan dari St. Harangan Hutahaean kepada Darwin Siagian dan Isteri selaku Bupati Toba, Ketua DPRD Toba Effendi Napitupulu, Kapolres Toba AKBP. Agus Waluyo, S.I.K, Sekda Toba Audhy Murphi, unsur TNI, Camat Balige Pantun Padede, Kades Sibolahotang Sas Charles Tampubolon dan Kades Saribu raja Janjimaria dan lainnya. Usai pemberian ulos, acara soft launching ceremony Hotel diakhiri dengan pelaksanaan ‘manortor’ sesuai adat istiadat suku Batak Toba.

(Raju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *