LampungLampung TimurNasional

Mencegah Konflik Sosial Berbasis Kekerasan di Tengah Masyarakat

LAMPUNG TIMUR, (MA)–Forum Keserasian sosial Talangsari mengelar Dialog Tematik dengan tema ” Mencegah Konflik Sosial Berbasis Kekerasan di Tengah Masyarakat” , di Dusun Subing Putra III, Desa Rajabasa Lama , Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, (16/12/20).

Hadir sebagai narasumber, Kepala Dinas Sosial Lampung Timur yang diwakili oleh Kabid Limjasos Rana Deya, Camat Labuhan Ratu, Mursid ,Ketua Forum Edi Arsadad dan unsur Forkompincam Labuhan Ratu Lampung Timur.

Dalam sambutanya Rana Deya menyampaikan Sebagai bentuk pencegahan konflik sosial maka diselenggarakanlah program Keserasian Sosial

” Mekanisme pengajuan bantuan dilakukan oleh Forum, yang diketahui oleh Pemerintah Desa kepada Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Setelah itu melalui rekomendasi Pemerintah Provinsi kemudian dapat diusulkan ke Kementerian Sosial” ujarnya.

Bantuan Keserasian Sosial ditujukan untuk meningkatkan semangat gotong royong, mencegah konflik dan bencana sosial, serta meningkatkan komitmen masyarakat untuk menjaga perdamaian.

” Hal ini sesuai dengan amanat UU Nomor 07 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial, Kementerian Sosial hadir untuk menjaga dan merawat harmonisasi kebangsaan” ungkap Rana Deya.

Ketua Forum Keserasian Sosial Talangsari, Edi Arsadad mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh seluruh warga yang bermukim di Dusun Subing Putra III,

” Berkat kerjasama dan gotong royong seluruh warga, program keserasian sosial yang didapat oleh dusun Subing Putra III telah selesai dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat” kata Edi.

Dijelaskan oleh Edi, Program pembangunan jalan Underlag menuju makam di dusun Subing Putra III di rencanakan sepanjang 540 M, namun begitu berkat kesadaran dan gotong royong yang dilakukan warga jalan dapat dibangun hingga mencapai 620 M.

“Kerja yang sangat luar biasa, semoga jalan ini bisa di rawat dan dapat dimanfaatkan oleh penduduk sekitar” pungkasnya.

 

(Tim/BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *