HomeJawa TimurNasional

Kabupaten Lumajang Kini Masuk Zona Merah Kembali.

Lumajang, -Media-abpedsi.com kembali lumajang masuk zona merah beresiko tinggi paparan Covid 19. zona merah yang sekarang terjadi di Kabupaten lumajang terkesan Terlambat karena lambatnya pelaporan data pasien Covid 19, bukan dari lonjakan paparan Covid 19.

Menurut keterangan dr. Bayu Wibowo, Juru bicara satgas penanganan Covid 19 di kabupaten lumajang memaparkan jika Lumajang kembali masuk zona merah karena data pasien yang seharusnya dilaporkan sejak awal bulan, baru diakumulasikan sejak pekan lalu.

Terjadinya zona Merah karena kami baru keluarkan data lama. Jadi pasien yang awal bulan baru kami keluarkan sekarang,” terang dr. Bayu, Minggu (03-01 -2021).

Melansir data terakhir paparan Covid 19 per 02 Januari angka paparan Covid-19 sudah mencapai 2.440. Dengan total kesembuhan sebanyak 2.059 dan korban meninggal mencapai 160 orang.

dr. Bayu menjelaskan bahwa saat ini jumlah pasien Covid 19 mengalami tren penurunan. Jika biasanya per hari pasien yang dirawat di rumah bisa mencapai 200 orang, terkini hanya 174 orang.

“Data menurun sudah mulai tanggal 19 Desember kemarin,” jelasnya.

Ia mengungkapkan alasan data tak disajikan tepat waktu karena ada beberapa kendala. Salah satunya, sulitnya mengintegrasikan data yang dikumpulkan dan lamanya proses verifikasi sehingga menyebabkan data covid belum bisa ditampilkan secara waktu beraturan.

“Mudah-mudahan penurunan ini terus berlanjut dan masyarakat jaga protokol kesehatan. Saya yakin kalau itu berjalan seiringan pasti Lumajang segera keluar dari zona merah,” pungkasnya.(Djk.P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *