320 views

Pemerintah Desa Air Satan Adakan Rapat Pembahasan Perdes

Musi Rawas-Media-Abpedsi.com / Dalam rangka pembahasan Perdes di desa air satan kecamatan muara beliti kabupaten Musi Rawas provinsi sumatera selatan (Jumat 18/06/2021)

Rapat pembahasan Perdes desa Air Satan bertempat di kantor desa di hadiri oleh kepala desa air satan Gufron, ketua BPD Beserta anggota, tokoh Adat, dan seluruh jajaran perangkat desa dan unsur masyarakat desa air satan.

kepala desa Gufron ketika di wawancara i menjelaskan terkait pembahasan materi yang kami bahas antara lain

1. Tentang Pelangkah desa

2. Tentang tata cara di dalam pernikahan

Untuk rapat kali kita bahas dua poin dulu dan untuk yang lain nanti kita bahas lagi pada rapat selanjutnya tutup kepala desa.

Semantara itu ketua ketua adat yakni bapak H. Muhamad Subiono SPD juga menjelaskan,” adapun pembahasan pada rapat ialah yang pertama tentang Pelangkah desa, jika terjadi pernikahan antar desa ke desa itu ada uang Pelangkah untuk memberikan penghormatan kepada pemerintah desa sebesar tiga ratus ribu dan nantinya uang tersebut akan di berikan kepada ketua adat yang nanti dimasukan ke khas adat dan ketua berkewajiban memberikan laporan kepada masyarakat selama enam bulan sekali. Yang kedua itu tentang tiang Kulei sebagai penghormatan kepada pemerintah desa jika ada pernikahan antar dusun ke dusun atau antar desa untuk penghormatan kepada pemerintah desa seperti kadus dan saksi saksi senilai 150.000 sampai 200.000 dan itu bersifat konsutif .

Lanjutnya,” jika ada yang tunang maksimal paling lama itu enam bulan sampai satu tahun harus di nikah kan secara agama dulu nanti kalau masalah ingin sakralnya istilahnya mau rami di rami itu terserah sama yang bersangkutan nanti. Tutup bapak Subiono selaku ketua adat .

Laporan : M Rifa’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *