184 views

Pemda OKU Selatan Gelar Sosialisasi Pilkades Serentak Tahun 2021.

OkU Selatan, media-Abpedsi.com Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan,Pada Acara Sosialisasi Ketua dan Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021, dengan Tema ” Mari Kita Wujudkan Pilkades Serentak Yang Jujur, Adil, Dan Kondusif”, acara ini dilaksanakan bertempat di Gedung Aula Pemkab OKU Selatan, pada Rabu (23/6/2021 ).

Pada Kegiatan Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Sekda OKU Selatan, H Romzi Turut hadir, Kabag Hukum, Para Camat yang Wilayahnya melaksanakan Pilkades, serta Panitia Desa yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris.

Dalam Sambutan dan Laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten OKU Selatan Juproni, S.Pd.I., M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan tahapan pelaksanaan serta menyampaikan aturan aturan serta acuan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2021, yang akan di laksanakan di OKU Selatan pada, Rabu 6 Oktober 2021 mendatang.

” Selanjutnya Kadin PMPD juga mengatakan kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan teknis mengenai pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak kepada panitia pemilihan Kepala Desa, adapun jumlah peserta yang hadir hari ini perwakilan dua orang setiap desa yaitu ketua dan sekretaris panitia desa dan camat yang wilayahnya mengikuti Pilkades serentak, dari 252 Desa yang ikut serta sebanyak 73 Desa, Dari 19 Kecamatan hanya 17 Kecamatan, adapun Kecamatan yang tidak ikut serta dalam Pilkades ini hanya dua kecamatan yaitu Kecamatan Runjung Agung dan Buana Pemaca masing masing masa periode kepala desanya berakhir pada tahun 2023, acara ini dilaksanakan dalam satu hari setelah dibuka secara resmi nanti, peserta masing masing Ketua dan panitia desa akan diberikan materi sebagai bahan acuan dan peraturan tahapan tahapan yang akan dilaksanakan di tingkat desa , Tutup Kadin PMD OKU Selatan”.

Sambutan Bupati OKU Selatan dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah OKU Selatan H. Romzi,S.Pd.MSi berharap kepada semua pihak terutama Panitia Pilkades tingkat Desa, dimana agar melaksanakan tugasnya sebaik mungkin dan terus mengedapnkan aturan aturan, serta acuan yang telah ditetapkan.

Semoga pelaksanaan pilkades serentak ini dapat berjalan lancar dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama semoga Pilkades ini berjalan dengan Aman, kondusif, Jujur, dan Adil. Kami berharap Informasi yang didapatkan hari ini kepada panitia desa nantinya tetap diteruskan informasinya kepada masyarakat dan bakal calon kepala desa terkait acuan, tahapan dan peraturan yang sudah ditetapkan.

Terkait adanya Incumbent atau kepala desa yang ikut serta kembali dalam Pilkades serentak ini harus cuti terlebih dahulu, selanjutnya roda pemerintahan desa akan dijalankan oleh sekertaris desa sebagai Pelaksana Harian ( PLH ), Pihak Pemerintah Kecamatan dalam hal ini Camat membuat Surat Tugas untuk PLH dan Tugas Tugasnya sebagai PLH, hal ini berlaku untuk Desa yang kepala desanya( Incumbent ) ikut kembali dalam Pilkades serentak.

” Pilkades serentak ini kita ketahui masih dalam situasi Pademi Copid-19 barang tentu kita masih tetap bersama sama patuhi protokol kesehatan, agar senantiasa kita diberikan kesehatan dan terhindar dari hal yang tidak kita inginkan bersama, Dengan Mengucap Bismillahirrahmanirrahim Secara Resmi Acara Sosialisasi Ketua dan Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021, dengan Tema ” Mari Kita Wujudkan Pilkades Serentak Yang Jujur, Adil, Dan Kondusif”, Resmi Di Buka”. Akhir Sambutan Sekda OKU Selatan.

( Misyadin ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *