81 views

Pemkab Toba Gelar Pelatihan Menjahit Bagi Angkatan Kerja Disabilitas

 

Toba (MA)- Pemerintah Kabupaten Toba menggelar pelatihan menjahit bagi Angkatan Kerja Disabilitas, melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Toba dilaksanakan sejak 28 Oktober hingga 01 Desember 2021 yang diikuti 20 peserta wanita penyandang disabilitas umumnya tuna rungu.

Silakan mencoba dengan tekun, latih dirimu, jangan merasa rendah diri. Berinovasilah supaya hasilnya lebih bagus, misalnya menjahit topi khas Batak tetapi yang diminati oleh wisatawan, keperluan wanita berupa aksesoris dan lainnya dimungkinkan akan berhasil nantinya.

Hal ini disebutkan Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Wabup Tonny M. Simanjuntak pada pembukaan Pelatihan Menjahit Bagi Angkatan Kerja di Yayasan Cahaya Bersama Rakyat, di Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba, Kamis (28/10/2021).

Bupati Poltak Sitorus mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, para peserta memiliki ketrampilan dan pada akhirnya dapat membuka usaha baru, sesuai dengan pelatihan yang diikuti.

“Kegiatan ini juga dapat mendorong terciptanya perluasan kesempatan kerja, dan mengurangi pengangguran yang ada di Kabupaten Toba, serta meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” sebutnya.

“Sekaitan dengan itu, kami mengharapkan para peserta agar benar-benar memberikan perhatian, keseriusan untuk mengikuti kegiatan ini, karena manfaatnya sangat besar bagi peserta,” sambungnya.

Ditambahkannya dengan tekun berlatih bisa saja suatu saat akan menjahit pakaian seragam Pemkab Toba.

Kepada instruktur Melati Siahaan lanjut Bupati ,diharapkan agar benar-benar dan serius membimbing dan melatih para peserta, berikanlah yang terbaik kepada peserta, sesuai dengan kompetensinya. Sehingga mereka mudah mencerna apa yang diajarkan, kelak mereka bisa lebih kreatif, inovatif dan penuh kreasi, sehingga mampu bersaing dalam dunia usaha, terutama dalam menyongsong destinasi pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.

Bupati Poltak Sitorus juga memberikan motivasi semangat dengan menceritakan contoh kisah seorang pekerja disabilitas tuna daksa yang memiliki semangat dan tekad kuat mandiri hingga bisa sukses bekerja.

“Akhirnya dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, maka kegiatan pelatihan ini saya buka secara resmi” sebut Bupati Poltak mengakhiri sambutannya.

Hasil amatan, semua ucapan sambutan Bupati Toba dialih bahasa isyarat oleh seorang ahlinya hingga dapat dimengerti para peserta. Selama acara tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Turut hadir Kadis Tenaga Kerja Toba Joni Hutajulu, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, beserta sejumlah pejabat lainnya.(rls/raju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *