81 views

Ketua Dekranasda Satika Simamora Ajak Kementerian BUMN Dukung Penuh UMKM Tapanuli Utara.

 

Taput Media-Abpedsi.com

Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Simamora, SE ,MM dan Para pelaku UMKM diskusi bersama dengan menteri BUMN yang diwakili oleh staf khusus menteri BUMN Arya Sinulingga ,bertempat distadion Mini Serbaguna Tarutung pada kamis sore(19/05/2022)

Diskusi ringan bersama puluhan pelaku UMKM dilaksanakan disela-sela kunjungan kerja menteri BUMN Erick Thohir bersama rombonga di Tapanuli Utara.

Ini momen yang sangat berharga dan harus kita manfaatkan dengan baik.Mari kita semua pelaku UMKM menyampaikan keluh kesah yang kita alami kepada Bapak Menteri secara langsung agar apa yang kita butuhkan secara khusus untuk pengembangan usaha UMKM dari awal persiapan bahan dasar sampai produk akhir hingga pemasaran, ucap Satika Simamora membuka diskusi singkat tersebut.

Ksbupaten tapanuli utara memiliki sebelas ribu penenun, hand made yang berasal dari 15 kecamatan Tapanuli Utara juga Punya produk ready to wear berbahan dasar kain tenun ulos yang dikelolo di Dekranasda Tapanuli Utara.Akan tetapi sebagian penenun di Tapanuli Utara mendapatkan benang sebagai bahan baku ulos melalui jalur yang sangat panjang ,otomatis akan berpebgaruh pada harga produk akhir ulos tersebut,jelas Satika Simamora.

Pada diskusi yang juga dihdiri ketua dan para pengurus Assosiasi UMKM taput tersebut.Staf kjusus menteri BUMN Arya Sinulingga memaparkan program sebagai solusi untuk menjawab keluhan dan kendala para pelaku UMKM dalam upaya pengembangan usaha.

Kementerian BUMN akan memfasilitasi pelatihan kepada UMKM Tapanuli Utara.Pelatihan tersebut mencakup e-commerce termasuk aplokasi ,paid UMKM maka kita akan bantu memfasilitasi pengajar dan biayanya gratis.padi UMKM melakukan platform e-commerce yang produknya dibeli oleh BUMN ,terang Arya Sinulingga.

kita mengupayakan agar secepatnya berdiri rumah BUMN sarana pendukung UMKM mempermudah prodes produksi. rumah BUMN diperuntukkan untuk jenis usaha UMKM, Seperti pengolahan kopi dan pengemasan produk, ungkap Arya.

Usai diskusi tersebut,ketua Dekranasda dan staf khusus menteri BUMN meminjau stand memperkenalkan berbagai produk yang dipamerkan sepaerti tenun ulos dan Olahan produk ulos ready to wear menggunakan pewarna alami,produk kuliner,kerajinan dan hasil bumi.

maruli sihombing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.