NasionalSumatra Utara

Bupati Toba Terima Audiensi Investor China, Bicarakan Teknologi Canggih Pemurnian Air

 

Toba Media-Abpedsi.com

Pemerintah Kabupaten Toba menyambut baik, audiensi investor asal China, PT.DMG Investment Trading yang memiliki teknologi canggih pemurnian air menjadi layak konsumsi sesuai dengan standar kesehatan.

Tim PT.DMG yang dipimpin Mr. Wang Qizhi, Mr. Christopher Mark, dan Piter Jordan Sinaga diterima Bupati Toba, Poltak Sitorus dan Pj. Sekdakab Toba, Augus Sitorus di Ruang Rapat Staf Ahli Bupati Toba, Kamis (02/06/2022)

Mr. Wang Qizhi dibantu penerjemah Mr. Christopher Mark, memaparkan profil perusahaan dan proses teknologi water treatment yang diklaim ramah lingkungan dan tidak ada efek samping yang membahayakan. Selain bisa desalination water (membuat air tawar dari air laut), teknologi ini pun
bisa menghasilkan air yang bisa langsung diminum. Bahkan air kotor (hasil pemakaian) pun bisa diolah kembali hingga bisa digunakan untuk kepentingan cuci dan mandi.

Disebutkan perusahaan ini bekerjasama dengan Harbin Institute of Technology (HIT) China, dimana terdapat para ahli water treatment.

Mr Wang menambahkan, teknologi ini sudah dipakai di China. Juga sangat cocok dipakai hotel, apartemen bahkan untuk kebutuhan warga kota.

Setelah mendengar paparan tersebut, Bupati Toba, Poltak Sitorus bertanya apa ada kendala teknologi ini. Mr. Wang menjawab tidak ada kendala, namun disebutkan bahwa pembiayaan awal yang besar tapi efektif untuk jangka panjang.

Bupati Poltak Sitorus juga mengungkapkan potensi pengelolaan air minum di daerah ini yang bersumber dari air Danau Toba.

Jika teknologi ini, lanjut Bupati Poltak, diaplikasikan di daerah Toba maka pasti akan besar manfaatnya dan air minum akan higienis.

Turut hadir mendampingi bupati, Plt Asisten Pemerintahan, Eston Sihotang, Asisten Perekonomian, Jonni D.P Lubis, Plt. Kadis Kominfo, Sesmon T.B Butarbutar dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan, Try Sutrisno Pandapotan.

Di akhir pertemuan disepakati, tim dari PT. DMG akan melakukan survei dan verifikasi atas perencanaan tersebut di beberapa lokasi Kabupaten Toba.

(Raju)
(Kominfo Toba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *