LampungLampung TimurNasional

Desa Labuhan Ratu III Lampung Timur, Sambut Tim Penilai Lomba Desa Berprestasi Dan BBGRM 2023

LAMPUNG TIMUR, (MA)–Desa Labuhan Ratu III menjadi desa terpilih dari 10 desa yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu, guna mengikuti dalam penilaian Lomba Desa berprestasi dan pelaksanaan terbaik Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kabupaten Lampung Timur tahun 2023. Selasa, (21/3/23).

Terlihat antusias masyarakat, Linmas, serta anak sekolah Dasar menyambut kedatangan tim penilai lomba Desa berprestasi, Bertempat di Balai Desa Labuhan Ratu III hadir dalam acara tersebut, 15 Orang Tim Penilai Kabupaten Lampung Timur, Agustinus Tri Handoko Camat Labuhan Ratu, Iptu Roma Irawan Kapolsek Labuhan Ratu, Koramil Labuhan Ratu, serta Hartatik Kepala UPTD Puskesmas Labuhan Ratu.

Tujuan dari Lomba desa ini adalah agar Desa tertib administrasi, memacu pengembangan potensi perekonomian masyarakat desa, menumbuhkan semangat gotong royong, kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan peran aktif masyarakat dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Lampung Timur.

Camat Labuhan Ratu, Agustus Tri Handoko dalam sambutanya mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dan memberikan penghargaan kepada seluruh kepala desa se kecamatan Labuhan Ratu yang telah mendukung kegiatan.

“Selaku camat kami mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dan kami nyatakan kami telah mempersiapkan diri. Untuk itu kami mempersilahkan tim untuk melakukan penilaian di desa kami” kata Agustinus.

Panji Sudarsono, Kepala Desa Labuhan Ratu III juga menyampaikan pada saat sambutannya pada acara penilaian lomba desa berprestasi dan pelaksanaan terbaik Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2023.

Menurutnya, berbagai pencapaian pembangunan yang telah dilaksanakan di Desa Labuhan Ratu III untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berdasarkan aspirasi warga sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, Sudarsono menjelaskan, pelayanan kepada masyarakat merupakan prioritas utama guna mewujudkan Visi Misi Desa Labuhan Ratu III berjaya yakni, menciptakan kesejahteraan masyarakat baik itu perekonomian, pertanian dan kesehatan masyarakat.

Sementara itu Ketua Tim penilai Pokja 1 Edi Gunarto menyampaikan, kegiatan lomba Desa guna mengevaluasi perkembangan desa di tingkat Kabupaten sekaligus mendorong dan memotivasi kepada pemerintah desa beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

Menurutnya, untuk mencapai tujuan membangun desa, ada dua indikator utama yang harus dilengkapi yakni data Indeks Desa Membangun (IDM) dan data Profil Desa.

Dalam Kedua hal tersebut kata Edi, menjadi patokan bagi pemerintah untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa.

Dia menambahkan, aspek utama yang perlu diperhatikan yaitu kesejahteraan ekonomi masyarakat. Artinya, setiap program yang dibuat harus menyentuh kebutuhan masyarakat dan harus tepat sasaran serta dimanfaatkan secara maksimal oleh yang disasar.

“Dengan meningkatkan kesejahteraan maka status desa akan naik juga. Namun, capaian itu tidak akan terwujud tanpa adanya peran, partisipasi dan kerjasama dari masyarakat,” jelas Edi.

Dalam penilaian Desa Labuhan Ratu III memamerkan program unggulan yakni Kesehatan masyarakat posyandu, Pos Kelas ibu, Pos posyandu remaja, Pos lansia, Posbindu, Rumah sehat, Poskesdes, UKS sekolah serta Produk UMKM seperti Kripik singkong, Keripik Terong, Keripik Pisang, Keripik Tempe, Rengginang, Gula Merah, Nasi Tiwul, Tahu, Kue Basah, Kopi, kerajinan tangan bambu, kerajinan Tangan Batu, kerajinan Tangan Bunga Kertas, Kerajinan Tangan Tas bungkus Permen, Pertanian dan perkebunan,

(BENI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *