Nasional

Rahmat Matondang: Berbagi Takjil Bentuk Kreativitas Sosial di Bulan Ramadhan

 

 

 

MEDAN MediaAbpedsi.com

Beramal baik di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan cara apa saja. Berbagi takjil kepada sesama orang berpuasa adalah salah satu caranya.

Hanya dengan memberi satu porsi makanan kepada orang yang sedang berpuasa saja pasti sudah mendapat pahala yang berlipatganda.

Apalagi jika orang yang kita beri itu adalah orang yang belum punya makanan untuk berbuka puasa. Sungguh Allah SWT akan melipatgandakan pahala untuk setiap porsi yang kita bagikan.

Berbagi takjil kepada seseorang berarti juga memberi sesuatu kepada orang tersebut. Perilaku memberi itu dapat digolongkan sebagai sedekah.

Jadi dengan kita berbagi takjil, kita akan mendapat pahala bersedekah juga.

Seperti yang dilakukan oleh para pemuda/i Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kecamatan Medan Baru.

AKtivitas pembagian takjil yang mereka lakukan menjadi rutinitas dan program di Bulan Ramadhan setiap tahunnya.

Ketua PAC PPP Medan Baru Faisal Luja mengatakan kegiatan ini bukan semata-mata karena aktivitas kepartaian, namun hamper sebgaian besar pemuda/I remaja masjid di Medan Baru mengambil bagian penting dalam setiap aktivitas sosial dan beramal dalam bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah pembagian takjil setiap tahun kita lakukan untuk melahirkan kebersamaan dalam bulan suci Ramadhan.

Aktivitas ini diharapkan memberikan pengaruh positif dalam keberagaman umat beragama di kota Medan,” katanya didampingi Sekjen PAC PPP M. Hafiz Matondang, Jum’at (31/3/2023).

Ratusan takjil dan air mineral dibagikan secara sukarela oleh para pemuda/i dikawasan jalan Letjen. Jamin Ginting Medan.

Takjil dibagikan kepada ratusan pengendara motor, ojol, betor dan pengemudi angkot yang membutuhkan.

Penasehat PAC PPP Medan Baru Rahmat Hidayat Matondang mengatakan selain mendapat pahala bersedekah, orang yang berbagi takjil kepada orang yang berpuasa akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa.

“Jadi dapat dikatakan bahwa kita akan mendapat double pahala. Kita yang berpuasa mendapat pahala karena menunaikan ibadah puasa, kita memberi takjil ke orang yang berpuasa juga akan mendapat pahala orang tersebut,” ucap Rahmat Matondang.

Berbagi kebahagiaan kepada sesama merupakan wujud dari bersedekah. Berbagi takjil di bulan Ramadhan juga sebagai bentuk dari sedekah di jalan-Nya.

Dengan harta yang kita miliki saat ini, hendaknya selalu disisihkan untuk bersedekah. Karena pada dasarnya harta kita bukan sepenuhnya kepunyaan kita pribadi. (Sahat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *