Nasional

Bupati Taput Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

 

 

Taput MediaAbpedsi.com

 

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di Tanah Lapang Atas Tangsi Tarutung, Kamis (01/06/2023).

 

Upacara dihadiri oleh Sekda Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Indra S.H. Simaremare,M.Si, hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Tapanuli Utara dan para Kepala OPD Kabupaten Tapanuli Utara

 

Pada peringatan tersebut, Bupati Taput Nikson Nababan membaca teks Pancasila yang ditirukan oleh seluruh peserta upacara.

Dalam amanat tertulis Presiden RI, Joko Widodo, yang dibacakan Bupati Nikson Nababan mengatakan, Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia, hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga baik masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang.

 

Selanjutnya Jokowi mengatakan saat ini Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemic covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia, ke depan kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki Sumber Daya Manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia. Menjunjung tinggi Pluralisme, Berbudaya, Religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai Etika, menjadi pusat Pendidikan, teknologi dan peradaban dunia.

 

Masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik dan Indonesia menjadi Barometer Pertumbuhan Ekonomi Dunia.

 

 

 

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, tahun 2024 kita akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilu 2024, untuk itu Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk Bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana kondusif sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila.

 

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20% untuk mengatasinya, Presiden RI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia, hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila.

 

Mengakhiri sambutannya Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk Bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. Semoga peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meninkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan ditahun yang akan datang.

 

Setelah pelaksanaan Upacara tersebut, Bupati Taput, Forkopimda dan para Pimpinan OPD mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang disiarkan secara langsung dari Istana Merdeka Jakarta, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput.(Maruli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *