Nasional

Komisi IV DPR RI Periksa Pertanian Metro

Lampung (MA)  – Bimbingan teknis standarisasi pembenihan tanaman pertanian, di Kelurahan Iring Mulyo Kecamatan Metro Timur, selasa (10 Oktober 2023).

 

Dalam acara tersebut Ketua Komisi IV DPR RI Sudin SE menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani (Poktan) yang ada di Kota Metro.

 

Bantuan yang diberikan diantaranya, 4 unit hand traktor dan 10 unit hand sprayer. Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin mengatakan, bantuan ini merupakan usulan yang diminta langsung oleh kelompok tani, dananya sendiri bersumber dari Kementerian Pertanian.

 

“Kami turun ke masyarakat untuk mendengarkan langsung apa yang dibutuhkan oleh petani. Melalui kelompok tani, membuat pengajuan proposal lalu kami ajukan ke Kementerian Pertanian,” Ungkapnya

 

Dia menambahkan, setelah adanya proposal dari masyarakat, nanti akan diverifikasi ke lapangan, dan pihaknya hanya membagikan langsung ke masyarakat.

 

“Ini merupakan usulan dari bawah. Kalau tidak ada yang jemput bola ke pusat maka alat mesin pertanian tidak akan sampai ke kampung atau ke daerah,” tambahnya.

 

Dia menyebut, meskipun saat ini yang di berikan masih terbilang sedikit. Dia berjanji akan memberikan bantuan lainnya dilain waktu.

 

“Hari ini kita berikan 4 unit hand traktor dan 10 unit hand sprayer. Sebelumnya di Metro juga saya telah memberikan bantuan 5 unit hand traktor di wilayah Metro Utara. Saya janji, jika nanti ada sisa akan saya berikan lagi untuk petani di Metro,” Ujarnya

 

Selain itu, pihaknya akan menggiring bantuan perbaikan saluran irigasi yang dianggarkan dari kementerian.

 

“Nah, untuk perbaikan saluran irigasi itu nanti ada yang dibiayai oleh kementerian. Nanti, mekanismenya dikerjakan langsung oleh kelompok tani dan nanti kami usulkan di 5 kecamatan yang akan menerima itu semua,” pungkasnya.(Del)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *