Nasional

Kodim 0411/Kota Metro Gelar Program Unggulan Kodam II/Sriwijaya Masuk Kampus

 

 

Lampung (MA) – Kodim 0411/Kota Metro menyelenggarakan kegiatan unggulan Kodam II/Swj, yaitu kegiatan Kodam II/Swj Masuk Kampus bertemakan Siapkan Mahasiswa Yang Cerdas Dan Tangguh bertempat di Perguruan Tinggi Dharma Wacana Metro Jl. Kenanga No. 3 Mulyojati 16 C Kec. Metro Barat Kota Metro. Jum’at (22/12/2023)

 

Kegiatan yang di gagas oleh Kodam II/Swj ini, merupakan bentuk nyata kepedulian terhadap pembinaan generasi muda, guna mewujudkan sinergitas dan kolaborasi TNI-Rakyat, khususnya kepada Kodam II/SWJ beserta Satkowil di satuan jajarannya, bersama para civitas akademisi Universitas di jajaran Kodam II/SWJ.

 

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Metro dr. Wahdi diwakili Asisten II Yuri Ehwan, Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P., Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho,S.I.K., M.I.K diwakili Kapolsek Metro Barat Iptu Amirul, Ketua Yayasan Dharma Wacana Metro Rahmad Hariadi,S.I.P., Ketua STISIPOL Dharma Wacana Metro Dr. Sutiyo,Sos,M.IP., Kasdim 0411/KM Mayor Inf Wawan Cahya Gunawan,SH. dan Pabung Mayor Inf Agus Waluyo serta para Staf dan para Danramil jajaran Kota Metro.

 

Dihadapan Mahasiswa dan Mahasiswi STISIPOL, STIPER, AKPER dan STMIK, Dandim 0411/KM dalam sambutannya mengatakan bahwasannya Kodam II/Sriwijaya Masuk Kampus merupakan salah satu Program Unggulan yang diprakarsai oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil.

 

“Di samping melaksanakan program TNI yakni TMMD, ada juga program unggulan dari TNI Angkatan Darat, yaitu Babinsa Masuk Dapur, TNI Manunggal Air Bersih, Kampung Pancasila, Pengentasan Stunting dan Ketahanan Pangan, untuk Satuan jajaran Kodam II/Sriwijaya, ada dua program unggulan yang khusus yang digagas oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil, kedua program unggulan tersebut adalah Dapur Masuk Sekolah dan Kodam II/Swj Masuk Kampus,” ucapnya.

 

“Dapur Masuk Sekolah bertujuan untuk perbaikan gizi dan nutrisi anak-anak sekolah khususnya tingkat Sekolah Dasar, sedangkan Kodam II/Swj Masuk Kampus tujuannya adalah memberikan pembekalan terhadap Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan serta pengenalan rekrutmen TNI,” tambahnya.

 

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan generasi muda dapat menambah pengetahuan tentang Satuan Teritorial Kodam ll/Sriwijaya, juga terwujudnya Mahasiswa yang cerdas dan tangguh dengan berbekal pondasi wawasan kebangsaan dan bela negara,” imbuhnya.

 

Selanjutnya Dandim 0411/KM menegaskan, “Mari kita semua jaga keutuhan NKRI dengan selalu mengedepankan kerjasama dan kolaborasi antara TNI dengan rakyat ataupun dengan elemen bangsa lainnya yang memiliki kegigihan dan kokoh dalam mempertahankan kedaulan bangsa dan negara,” pungkasnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Rektor Dharma Wacana Dr Sutiyo,Sos,M.IP. mengatakan bahwa para Mahasiswa dan Mahasiswinya mendapatkan pancaran aura dari sikap disiplin anggota TNI. “Kami sangat terkesan dengan program Kodam II/Sriwijaya, bagaimana tidak, anggota TNI sudah hadir terlebih dahulu di kampus kami sebelum para anak didik kami datang,” ucapnya.

 

“Kami perlu jelaskan bahwa di Yayasan Dharma Wacana ini ada 4 PTS, yaitu Pertanian, Komputer, Perawat dan Politik, In Syaa Allah sekitar Februari ataupun Maret 2024 nanti, semoga kita sudah bisa mengganti nama menjadi Universitas Dharma Wacana, kami sangat berharap semoga program Kodam ll/Swj akan terus berkembang dan berkolaborasi dengan semua elemen bangsa yang sama-sama mencintai dan menjaga negri ini,” pungkasnya.

 

Usai menerima materi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Rekrutmen TNI, para peserta diperkenalkan terhadap beberapa persenjataan yang ada di tubuh TNI serta macam-macam Seragam TNI Angkatan Darat (Gamad) yang berlaku dalam pelaksanaan kedinasan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *