LampungLampung TimurNasional

Hari Kedua Pendaftaran PTPS Di Kecamatan Labuhan Ratu, Lamtim Sudah Ada 57 Orang

LAMPUNG TIMUR, (MA)– Pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara atau Pengawas TPS (PTPS) Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur dihari pendaftaran yang ke 2 sudah ada 57 orang pendaftar, Rabu (3/1/24).

Menurut Anggota Komisioner Panwascam Labuhan Ratu Khamim menjelaskan, untuk Kecamatan Labuhan Ratu terdapat terdapat 142 TPS dari 11 desa, sesuai dengan jumlah TPS Panwascam Labuhan Ratu membutuhkan 142 PTPS untuk pemilu 2024 Februari mendatang.

Lanjut Khamim, pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilu 2024 akan dibuka pada tanggal 2 Januari 2024 sampai 6 Januari 2024. PTPS adalah petugas yang dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan untuk membantu Panwaslu Kelurahan/Desa.

Syarat untuk menjadi PTPS adalah Warga Negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, dan tidak sedang terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Itu syarat pokok yang harus di penuhi oleh calon PTPS, kami akan melakukan seleksi secara ketat bersama rekan rekan Panwascam”tegas Khamim

Kata Khamim, pembentukan Pengawas TPS paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara, kemudian dibubarkan paling lambat 7 hari setelah hari pemungutan suara.

Peluang Keterwakilan perempuan menjadi anggota TPPS Pemilu 2024 sebesar 30 persen. Peluang 30 persen tersebut diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022.

(BENI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *