Nasional

Antisipasi Kebakaran, Rutan Balige Laksanakan Sosialisasi Dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Bersama Damkar Toba

 

 

Balige

MediaAbpedsi.com

 

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Balige Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara laksanakan Sosialisasi dan Simulasi dalam penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan Penanggulangan Kebakaran bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Toba. (Rabu, 07/02)

 

Kabid Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Satpol PP Kabupaten Toba, Timbul H. Sihombing yang hadir bersama jajaran personel Damkar Toba terlebih dahulu memberikan sosialisasi kepada seluruh petugas Rutan Balige. Dalam arahannya beliau menjelaskan penyebab-penyebab kebakaran, klasifikasi jenis kebakaran, dan jenis-jenis alat pemadam api ringan (APAR), fungsi, serta cara penggunaannya.

 

Selain itu, dilakukan pula simulasi langsung penanganan kebakaran yang melibatkan partisipasi aktif dari petugas Rutan Balige dalam memadamkan api. Simulasi ini bertujuan untuk melatih respon cepat dan cara penanganan yang aman dan efektif dalam menangani kebakaran.

 

Kepala Rutan Balige, David Nicolas mengatakan latihan simulasi penanganan kebakaran ini sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan personil Rutan Balige dalam menangani terjadinya kebakaran dan langkah-langkah koordinasi yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dilakukan oleh petugas apabila menghadapi kebakaran baik di Rutan maupun di tempat tinggal petugas.

 

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Damkar Toba dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Kesiapan dan kemampuan dalam menangani kebakaran sangat penting bagi kami untuk menjaga keselamatan dan keamanan di dalam rutan. Melalui sosialisasi dan simulasi ini, diharapkan semua petugas dapat terlatih dan siap menghadapi situasi darurat dengan baik.” ujar Karutan David.

 

Kegiatan sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran ini merupakan salah satu upaya konkret dari Rutan Balige dan Damkar Toba dalam meningkatkan kesiapan dan respons terhadap kejadian darurat, sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko dan dampak yang ditimbulkan oleh kebakaran.

 

Sumber(Humas Lapas)

Pewarta(Maruli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *